Kamis, 09 Agustus 2007

islam atau seoragn muslim seharuasnya mempersilahkan dan terbuka daengan semua pendapat dan aliran, dan bukan menjegal, tapi bukan berarti membiarkan bebas segala pendapat untuk dikonsumsi,. al-qurna sendir mengajarakan bahwa orang yang terbaik adalah yang mau mendengarkan setiap perkataaan dan memilih yang terbaik, artinya kualtais gagsan dan pemikrian ituyagn penting, demikian jgua dgn tafsiran. sebagian orang yang ingin membatasi penafsiran al-quran maka ia telah memsung ide, telah membunuh kreatitdan akal dan nalar, dan berusaha membunuah suasana akademi dan kebebasa berpiiran, keduaa al-quran adalah sumber yagn primer dan bahwa semua wacana dan diskusi harus mengalir darinya atua keapdanya.

(dikutip dari majmu'ah rasail falsfah mulla shdara)
ismun itu bisa berasal dari sumuw = ketinggian mulia, agung, atas simah, samat =alamat.
ba ; bismi ; ba = lil isti'anah,
allah : alamun lidzat al-muqadas . abu said al-khudri meriwayatkan dari nabi bawha isa bin maryam mengatkaan ar-rahmanu rahmaanud dunya, wa rahiim, rahiimul akhirati,
diriwayatkan bahwa ali berkata, aku bermimpimelihat khidir satu malam sebelum perang badar, aku berkata, ajarkan aku sehinga aku memenagkan pertempuran, khidir bekata katakan ya huwa ya man la huwa illa huwa, pagi-pagai aku cetaiak mimpi tersbut, nabi berakta hai lai engkau diajari ismul adham.

dalam kunuz al-hikam dis ebut hadis dari imam ali ia berakta, 7 oragn yang tidak memabca al-quran , yang ruku, yagn sujud, fil kanif, fil hamam, aljunub, nufasa 9yang junub, yang haid'0 dan yang nifas.

dalam kanzul umal yang dikutif oleh kunuz alhikmah rasul berakta iman yang afdahl itu engkau tahu bahwa allah beasamamu dimanapun kamu berada.

palign tidak tafsri isyara in imemberikan ajaran bahwa kita harus yakin allah itu ada di mana-mana,

lalu irfan itu apa Dr said rahimiyan dalam bukunya irfan menjelaska bahwa iran itu bisa jadi sebagai idrak, pandangan , rawes ( metoda), keempat, kumpulan ajaran-ajran dan 5 isntitusi sejarah teramsuak tarikat an sufi.

Tidak ada komentar: