halaman pertamapaayan nameh

METODE DAKWAH QIRAATI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP
PERKEMBANGAN ILMU DAKWAH


Oleh:
Nano Warno

NIM : 05.034.013












Skripsi ditujukan untuk memenuhi sebagian persyaratan dalam menempuh
gelar Sarjana Sosial Islam


PROGRAM SARJANA
STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
JURUSAN DAKWAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MADINATUL ILMI
DEPOK-




















LEMBARAN PERSETUJUAN

METODE TAFSIR QIRAATI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU DAKWAH


NANO WARNO

NIM : 05.034.013







Pembimbing Tanda tangan Tanggal



Ir. Ahmad Jubaeli, M.PD .................. .......................



M. Mahdi Alaydrus , M.Ag ................... .........................



Depok Juli Ketua
Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi



M.Mahdi Alaydrus, M.Ag

















LOGO mi

















































ABSTRAK


Nano Warno : Metode Tafsir Qiraati dan Kontribusinya terhadap Perkembangan Ilmu Dakwah. Qiraati adalah tipe ulama yang sukses menyampaikan pesan-pesan al-Quran dengan bahasa yang mudah dan enak di dengar. Ia adalah seorang yang mencintai al-Quran dan menggeluti serius bidang tersebut sehingga tidak diragukan lagi keahliannya dalam menerjemahkan pesan-pesan al-Quran ke dalam bahasa yang hidup untuk semua kalangan.Penelitian ini ingin mengetahui (1) Bagaimana metode tafsir yang dikembangkan oleh Qiraati (2) Bagaimana perkembangan ilmu dakwah (3) Bagaimana kontribusi metode tafsir Qira’ati terhadap perkembangan ilmu dakwah.
Metode tafsir yang dikembangkan oleh Qira’ati merupakan penggabungan metode tahlily dan metode ijmali yang berhasil memberikan kontribusi pada corak pembahasannya yang lugas, sederhana sehingga mudah dipahami bahkan oleh remaja sekalipun.
Perkembangan ilmu dakwah salah satunya dipengaruhi oleh perkembangan pada ilmu pengetahui Islam, khususnya epistemologi. Epistemologi dakwah yang berkembang saat ini merupakan gabungan dari dua epistemologi, yaitu epistemologi bayâni dan burhâni. Epistemologi bayâni bersumber pada teks, sedangkan burhani bersifat rasional dan demonstratif. Burhâni merupakan kesadaran ontologis terhadap realitas alam, sosial dan manusia
Kontribusi Qiraati terhadap perkembangan ilmu dakwah, memberikan jasa besar dalam mengembangkan metode tafsir yang khas, yaitu penggabungan antara metode tahlily dengan ijmaly. Hal itu memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu dakwah yang terletak pada upayanya membangun fondasi pemahaman terhadap al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran Islam, yang juga tidak bisa dilepaskan dari aktivitas dakwah. Metode yang digunakan dalam pemahaman terhadap al-Qur’an (tafsir) akan memberikan kontribusi juga terhadap cara pandang seseorang terhadap realitas yang ada, yang pada gilirannya, memberikan pengaruh juga terhadap apa yang disampaikannya terhadap orang lain dalam proses dakwah, sehingga efektivitas dakwah bisa tercapai.












Abstrac
إن للتفسير للقرآن الكريم آثاراً إيجابية على النواحي الثقافية والعقائدية والأخلاقية في حياة الداعية الإسلامي، وهذا أمر ملحوظ في حياة الدعاة الذين اتخذوا منهج التفسير وسيلة في دعوتهم وهذا بدوره ينصب أيضاً على حياة المدعوين من المسلمين وغير المسلمين. بل أثبتت الدراسات أيضاً دور التفسير في بيان وإيضاح المدعو به (القرآن والسنة وما استنبط منهما)، إن شاء الله تعالى
في دين الإسلام يختص العلماء دون غيرهم بمسؤولية عظمى تجاه المجتمع، قياماً بحق ميراث الأنبياء الذي يسعد به علماء المسلمين عامة،
ولقد قام علماء الإسلام عبر التاريخ بدور كبير في حراسة المجتمع ونشر الفضيلة فيه وكان لهم دور عظيم في التعريف بدين الله كافة، وفي أقوالهم وتوجيهاتهم ومواعظهم صقل للنفوس، وجلاء لما علق بها من عوالق الشر والفساد. إن العلماء مطالبون في كل مجتمع أن يقوموا بواجبهم فيه دعوةً، وتعليماً، وإرشاداً وتوجيهاً وإن هم تخلفوا عن ذلك فقد عرضوا المجتمع للهلاك والعقاب (فالناس بلا علماء في جهالة عمياء تعصف بهم رياح الباطل وتتخطفهم شياطين الإنس والجن، وبغيابهم تسود الفوضى، وتعظم الفتن وتحل المصائب). وفي مجال دعوة غير المسلمين فإن العلماء مكلفون بدعوتهم إلى الإسلام كل في مجال تخصصه، وحسب استعداده: (فالفقيه والمفسر، والمحدث، واللغوي، والمؤرخ، والطبيب، والمهندس كل عليه أن يدعو في دائرة اختصاصه، وأن يقدم من الدعوة بم يقدر عليه إذا لم يقم به غيره). فالدعوة واجبة على العلماء والذين قالوا بأن الدعوة فرض كفاية احتجوا بأن الدعوة تحتاج إلى علم فأسقطوا الوجوب عن العامة، ولم يسقطوه عن العلماء. ايت الله محسن قراتي قد تكفل نفسه لتبليغ و في نفس الوقت هواستفاد بتفسيرالتحليلي والموضوعي التي تسكل منهاجا لدعوته وفعاليته فكان في يده اصبح القرأن كانه تنزل في زمان الحاضرو لكل انسان بامكانهم ان يلتجا اليه من كل مشكلته اليوميه وبالتالي تشكل منهاجامهمالتبليغ الاسلامي
وان منهج تفسير قراتي تحليلي و اجمالي اللتي تشكل منهاجامهما لتبليغ الاسلامي
واما تطور علم دعوة فبعضهم تاثرت بتطور علم معرفت دعوة وهما بياني و برهاني . معرفت بياني تتاكد على تراث اما معرفت برهاني على العقل و الواقعز





سهم قرءتي في تطور علم دعوة اعني من منهاجه الخاصة وهما تفسير تحليلي و اجمالي و نفس المنهاج تؤسس اصول استيعاب وفهم القران كمرجع اصيل و مهم .


















KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt atas segala rahmat dan karunia-Nya, yang pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Metode Tafsir Qiraati dan Kontribusinya terhadap Perkembangan Ilmu Dakwah. Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi sebagian dari syarat-syarat guna mencapai gelar sarjana dalam bidang dakwah Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi.
Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongannya dalam penyelesaian skripsi ini,baik secara langsung maupun tidak langsung hingga skripsi ini dapat diselesaikan. Kepada yang terhormat :


Bapak M. Mahdi Alaydrus, M.Ag, selaku ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi dan pembimbing kedua yang penuh kesabaran dan ketelatenan membimbing dan sekaligus mengoreksi kesalahan-kesalahannya.
Bapak Ir.Ahmad Jubaeli, M.Pd, selaku pembimbing pertama yang telah meluang waktu untuk memberikan arahan dan bimbingannya dan koreksinya untuk kesempurnaan skripsi ini.
Seluruh dosen dan staf STAI Madinatul Ilmi sebagai makhluk Allah yang diberikan amanat untuk mengajarkan dan mengarahkan pola pikir saya dengan ikhlas.
Teman-teman di kampus STAI Madinatul Ilmi yang memotivasi saya setiap saat.
Serta pihak-pihak lain yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu saya ucapkan terimakasih.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna, karena adanya keterbatasan kemampuan serta pengetahuan penulis. Kritik dan saran yang konstruktif selalu dinantikan penulis dengan lapang dada.
Akhir kata semoga Allah Swt melimpahkan rahmat serta membalas amal kebaikan semua. Amien

Depok _____________

Penulis



Nano Warno
05.034.013





DAFTAR ISI

Halaman
JUDUL ……………………………………………………………………………i
LEMBAR PERSETUJUAN ………………………………………………………ii
ABSTRAK………………………………………………………………………..iii
ABSTRACT
KATA PENGANTAR…………………………………………………………….iii
DAFTAR ISI.

Bab I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Penelitian………………………………………………1
1 B. Fokus Penelitian………………………………………………………...5
C. Rumusan Masalah Penelitian…………………………………………...5
D. Kegunaan Penelitian……………………………………………………5.
Bab II : KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN
A. Perkembangan Ilmu Dakwah…………………………………………..6
1. Pengertian Dakwah…………………………………………….7
2. Pendekatan Dakwah……………………………………………11
3. Metode Dakwah………………………………………………..12

B. Jenis-jenis Metode Tafsir
1.Pengertian dan Sejarah Tafsir al-Quran…………………………14
2. Metode Tafsir…………………………………………………. .17
a. Metoda Ma’tsur…………………………………………17
b. Metoda Tahlili…………………………………………..18
c. Metoda Mawdhu’i………………………………………19
d. Metoda Ijmali……………………………………………20
C. Kerangka Pemikiran…………………………………………………….21

Bab III : METODE PENELITIAN

A.Tempat dan Waktu Penelitian……………………………………………23
B. Pendekatan Penelitian…………………………………………………..23
C. Sifat Penelitian…………………………………………………………..23
D. Paradigma Penelitian……………………………………………………24
E.Jenis dan Sumber Data…………………………………………………...24 F. Tehnik Pengumpulan Data………………………………………………30
G. Tehnik Analisis Data……………………………………………………31

Bab IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Biograpi Hidup dan Kiprah Qiraati…………………………………… 33
B. Metode Tafsir Qiraati…………………………………………………..34
C. Kontribusi Qiraati terhadap Ilmu Dakwah……………………………..37
1.Dakwah dalam Perspektif Qiraati…………………………………….37
2. Urgensi Dakwah Perspektif Qiraati………………………………….41
3. Relasi Tafsir dengan Dakwah Perspektif Qiraati…………………….43


Bab V :KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan........................................................................................45
B. Saran-saran.......................................................................................45

DAFTAR PUSTAKA
RIWAYAT HIDUP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kamus filsfat

skcism barat

celoteh dan filsafat barat