bab 2-3-4 unuk draft sekripsi

Biograpi Ayatullah Mohsen Qiraati

Ayatullah Mohsen Qiraati lahir di iran pada tahun 1946 dari keluarga yang taat beragama

Ia adalah tipe ulama yang bersahaja dan merakyat, tapi meskipun demikian ia memiliki ciri khas seoang mubalig yang benar-benar menguasi forum.

Tokoh yang dikenal karena kuliah-kuliah agamanya hampir 15 juta lebih setiap minggu orang-orang menyaksikan kuliah-kuliah tafsir al-Quran yang sangat menyegarkaan jiwa terutama. Beliau juga seorang mubalig yang sering melanglang ke berbagai negara islam dan berdiri dimimbar-mimbar syiah atau sunnah.

Dalam karir akademiknya Muhsin Qiraati banyak belajar dari ayattullah ternama serpti ayatulah Sayid Ridha Ghulfaegani yang pernah membneir nasihat agar lebih memberi fokus kepada anak-anak muda yang kehausan akan ilmu pengetahuan.

Stelah menyelesiakan seluruh pelajaran dasar (muqadimah) di kota kelahirnyha Kasyan ia berhijrah ke kora Dom dan belajra selama 15 htaun dari tingkat satuh hinga tingal level kharij. Mosehn juga pernah belajr selam satu thaun si masyhad dan satu tahun di Najaf abas, Isfahan .

Figru lain yang sangat mempengaruhikehidupan beliau adlah sosok Imam K homeini. I amulai mengenal Imam sejak tahun 1964 melalui surat-surat dan ceramah-ceramah imam dalam rangka menyelamatkan masyarakta islam iran dari cengkeraman Rezim syah dan boneka-boneka Amerika serikat.

Surat-surat Imam dari perancis digambarkan oleh Moshen seperti kampak nabi Ibraihim yang dapat menghancurkan patung-patung berhala abad ini , Karena itu Imam juga mendapat gelar ruuhullah

Bagi Muhsin Imam Khomeini adalah wasiah tuhan di muka bumi yang akan memberi rahmat kepada seluruh manusia. Karena Imam melihat semua kalangan danegan pandanga yang sama

Beliau juga adalah seorang mubalig yang sangat mencintai anak-anak muda dan itu tak lepas dari misiny asebagia mubalig. Ia merasa itu adalah panggilah ilahi

Dan ia merasa bahwa tablig itu harus dinikmati oleh semu akalangan

Ayatulah ini telah menghasilkan berbagai karya tulis di antaranya : Ushuludin 5 jilid, Tafsir nur 12 jilid, ensiklopedia shalat 10 jilid, Haji, Ammar makruf nahi munkar, Tafsir anak muda surah Yusuf, surah al-Ankabut, Tafsir anak muda surah al-Isra, Tafsir anak muda surah Luqman, Tafsir anak muda surah al-Hujurat, Tafsir anak muda surah Yasin, Dosa, dan sebagainya

Setahun setelah kemenangna revolusi Islam Iran yang dipimpin oleh Imam Khomeini,1980, Mohsen Qiraati mulai melakukan aktifitas rutinya di televisi, khususnya mebahas tentang tafsir Nur yang edisi lengkapnya 12 jilid. Kii telah dicetak 10 kali dan dinobatkan sebagai ‘buku pilihan’Republik Islam Iran pada tahun 1376 (1997). Ringkasan tafsir ini telah dialih bahasaka ke dalam lebih dari dua puluh bahasa dunia, disiarkan radio internasional Iran dan mendapat sambutan luas dari masyarakat muslim.

Guru-guru

Banyak guru-guru yang memberikan pengaruh besar terhadapnya dan beliau selalu singgung dalam ceramah-ceramahany, yaitu alamah thabathabi, muthahhari, imam khomeini, Ayatullah Khui dan sebagainya. Tentu sahaja beliau juga banyak mengutip dan menyebtukan sumber-sumber ahlusunnah sebagai rujukan dalam menafsirkan ayat-ayat al-quran.

Pemikiran Mohsen Qiraati

Seperti yang sering didengung-dengnua kan bahwa rabi zidni ilman artinya ilm nabi saja terus berusah ingin menambah ilmunya apalagi

هشدار يك امر غريزي است

Memberi peringatan adalah bagian dari fitrah, insting semua makhluk

بسيار ديده شده كه در ميان حيوانات ، وقتي يكي از آنها احساس خطر مي كند سايرين را هشدار مي دهد و يا اگر به چيزي دست يافت آنها را خبر مي دهد تا از آن استفاده كنند.
لا

Kita bisa belajar dari hewan-hewan ketika mereka terancam maka mereka akan memberi tahu hewan-hewan lain, atau ketiak mereka mendapat sesuatu yang menarik mereka juga suka memberitahukan yang lain.

قرآن در اين مورد نمونه اي را نقل مي كند كه هنگام عبور لشگر سليمان ، يكي از مورچه ها به ساير مورچگان هشدار داد كه به لانه هاي خود روند تا زير پاي لشگريان سليمان له نشوند. (9)
همچنين در قرآن مي خوانيم : هنگامي كه هدهد از خورشيد پرستي مردم منطقه سباء مطلع شد آنرا به حضرت سليمان خبر داد. (10)

Dalam hal in ial-quyran juga memberi ilustrasi tentang peristiwa yang tejadi pada tentara sulaiman ketika melewati sesuatu tempat, seekor semuyt segera memberi tahu yang lain agar segera menyingkir dan jalan agar tidak diinjak atau begitu pula tengan burung hud-hu8d yagn memberi tahu tentang tradisi kaum saba yang suka menyemba matahari.
امروزه نيز در دنيا از حيوانات ، براي كشف جرائم و اطلاع از ورود بيگانه به منزل استفاده مي كنند. بنابراين هشدار و اعلام خطر يك غريزه است كه خداوند در غير انسان ها نيز به وديعه نهاده است .

تاريخ تبليغ
چون خطراتي كه انسان را تهديد مي كند هميشه بوده است ، هشداردهندگان نيز هميشه بوده اند، قرآن مي فرمايد:
(
و ان من امه الا خلا فيها نذير) (11)
((
هيچ قومي بدون هشدار دهنده نبوده است

Yang mengancam kehidupan manusia selalu ada dan eksis serta tidak pernah absen maka yang memberi tahu ancaman itu juga selalu akan ada dan siap memberi tahukankepada manusia. Al-quran mengatakan bahwa di setiap umat selau ada nadzir,

Manusia yang pertama kalu muncul di muka bumi adalah mubalig dan ayaat pertama yang turun keapda nabi juga adalah ayat tablig

Wa in min umatin illa kholla fiha nazirun

.))
اولين فرد روي زمين مبلغ بوده و اولين آياتي كه بر پيامبر اسلام نازل شده او را به قيام و انذار دعوت مي كند: (قم فانذر) (12) .

اهداف و محتواي تبليغ
اهداف تبليغ مختلف است ، استكبار هدفي جز به استضعاف كشاندن مردم ندارد و لذا تمام توان و بوق و كرنا و بودجه خود را صرف تضعيف و تحقير ديگران و اطاعت از خود مي كند ولي هدف تبليغ در مكتب انبيا: نجات مردم از طاغوت ها و هواهاي نفساني و جهل و تفرقه و شرك و دعوت

Tujuan tablig itu bermacam-mama, kaum imperialiss bertablig demi melemahkan manusia mereka mengeluarkan anggaran untuk melemahkan yang lain sdan menurutinya tapi tujuan tablig para nabi adalah menyelmatkan manusia dari thagut dan hawa nafsu, kebodohan, perpecahan, syirik sekaligus mengajark manusia agar mengimani tuhan

به خدا و قانون آسماني است .
محتواي تبليغ تمام انبيا : يكي بوده است :
(
ان اعبدوا الله واجتنبوا الطاغوت ) (13)
((
از طاغوت اجتناب كنيد و تنها خداوند را اطاعت نماييد.))
قرآن در باره هدف اسلام از تبليغ ، مي فرمايد:
(
دعاكم لما يحييكم ) (14) ((دعوت انبيا براي زنده كردن شماست .))
حضرت علي (ع)

Tujuan tablig nabi bisa diringkas dalam satu kalimat ayat al-

Quran yaitu ‘ubudllah waj tanibut thagut.

در نهج البلاغه مي فرمايد: انبيا آمدند تا عقل هاي خفته را برانگيزانند. ((يثيروا لهم دفائن العقول )) (15) هدف ، نشر قانون خدا و مبارزه با ظلم است

Imam ali as mengatakan nabi nabi datang untuk menggali akal yang terkubur, menyebarkan syariat tuhan dan melawan kezaliman, menyebarkan keadilan dan menghidupkan ketakwaan, menyempurnakanhujah,irsyad dan ammar makruf nahimunkar.

. دعوت به عدالت و تقوي است . اتمام حجت و ارشاد و امر به معروف و نهي از منكر است .
بنابراين تبليغ كار بسيار ارزشمندي است كه در درجه اول مسئوليت آن از طرف خداوند بر دوش انبيا و اوليا : و سپس بر دوش علماي رباني گذارده شده است . لذا تبليغ يك حرفه نيست ، منبع درآمد نيست ، بلكه يك وظيفه الهي و انساني است .
jadi mandat dan tanggung jawab tablig memang sangat berat karena yuang memikul pertama kali adlahkelompok nabi,kemudian aulya dan insan-insan yang ilahi.

ف


دامنه تبليغ
تبليغ محدود به مكان و زمان خاصي نيست ، مرز و بوم ندارد. رسول اكرم (ص ) به سران كشورهاي يمن ، حبشه ، روم ، ايران و يمامه دعوتنامه نوشتند و امام خميني ره نيز به رهبر بزرگترين قدرت هاي ماركسيستي نامه دعوت نوشتند.

Tujuan tablig tentu sngat bervariasi dan tidak hanya tidak bisa dibatasi oleh tempat tertentu. Serpati rasululaj yang menyampaikn msiia ke sluruh negeri Yaman, Ethiopia, Iran dan imam khomeini juga bahkan menulis surat dakwah kepada pemikpin komuis terbesar dio dunia.


در تاريخ مي خوانيم : كشور تانزانيا و زنگبار در آفريقا از طريق تجار فارس كه با كشتي به آنجا سفر كرده بودند مسلمان شدند.
در قرن يازدهم در جنگي كه اتفاق افتاد يك عالم مسلمان اسير شد، او را به روم بردند و اين فقيه با تبليغ خود اسلام را به روم برد.
با هجرت يك عالم قزويني به كشور چين اسلام به چين وارد شد. و مردم شمال كشور چاد از طريق چند زن مسلمان با اسلام آشنا شدند.
اين بود تاريخ تبليغ مسلمانان در قديم ، ولي امروزه كليسا با ترجمه انجيل به 1200 زبان و ترويج مسيحيت از راديوهاي دنيا، صداي خود را در سراسر جهان پخش مي كند.
زماني مسلماناني نظير مصعب با هجرت به مدينه و جعفر طيار به حبشه و علي بن ابيطالب (ع) به يمن ، اسلام را ترويج مي كردند ولي امروزه ما نشسته ايم و روحانيون مسيحي و حتي شخص پاپ به سراسر دنيا سفر و تبليغ مي كنند.

ابزار تبليغ
ابزار تبليغ ، منحصر در سخن و قلم و فيلم و نمايش نيست . در قديم ، ابزار تبليغ نقش هايي بود كه بر سنگ حكاكي مي شد. اما كم كم در قالب شعر و بيان و سپس به صورت كتاب و امروز به صورت فيلم و نوار در آمده است .
استكبار جهاني ، امروز اهداف خود را با انواع وسايل در جهان پياده مي كند كه ما گوشه اي از آنها را بيان مي كنيم .
1-
عكس و پوستر -
2-
روزنامه و مجله -
3-
راديو و تلويزيون -
4-
بروشور و مكاتبات مستمر از طريق صندوق هاي پستي -
5-
مائموريت هاي ديپلماسي -
6-
جنگ سرد و شايعه سازي -
7-
تهيه و نشر كتاب هاي تحريف شده -
8-
توريسم و جهانگردي -
9-
تشكيل اردوهاي مختلط پسر و دختر با جاذبه هاي جنسي -
10-
اعزام كارشناس ، مشاور فرهنگي ، اقتصادي ، نظامي ، حقوقي -
11-
ارائه خدمات بوسيله دختران براي جذب جوانان -
12-
ايجاد كلاس هاي زبان انگليسي به صورت مجاني

uru dakwah (muballigh) wajib bersikap lemah lembut berperasaan kasih sayang terhadap sesama manusia. Dia juga harus memiliki kerelaan terhadap segala permasalahan hidup yang dihadapinya.

Demikian wejangan yang diberikan oleh Ayatullah Muhsin Qara'ati, seorang mufasir kondang Republik Islam Iran, di hadapan sekitar 300 orang asatid dan aktivis Ahlulbait se-Indonesia di Islamic Cultural Center, Sabtu 2 Juni 2007.

Dalam sebuah seminar Qara'ati mengatakan, "Dakwah Islam: Antara Peluang dan Tantangan" ini. Menurutnya, kedudukan muballigh dalam al-Quran mendapat tempat yang tinggi. Dalam QS al-Ahqaf: 30 disebutkan bahwa Allah Swt memuji jin karena menyampaikan apa yang datang dari Allah meskipun hanya 2 ayat yang mereka dengar. Hal itu menandakan bahwa menyampaikan ayat-ayat Allah merupakan sebuah perbuatan yang terpuji.

Dalam bagian lain al-Quran menyebutkan bahwa kadang-kadang apa yang menurut kita kecil/remeh, ternyata mampu mengalahkan yang besar. Laba-laba dengan sarangnya yang lemah bisa mengalahkan (menipu) orang-orang Quraisy yang memburu Nabi Muhammad saw. Contoh lainnya adalah jasa burung Hud-hud yang kecil mampu memberitakan kepada Nabi Sulaiman yang dengannya membuat suatu negeri tunduk kepada Allah Swt. Dalam kisah Habil dan Qabil pun, burung gagak yang kecil mampu menjadi guru bagi manusia tentang bagaimana seharusnya menguburkan manusia yang mati. Begitu juga halnya, bisa jadi seorang pelajar mampu menjadi penyampai hidayah Allah Swt dalam sebuah negeri yang sangat besar. Hal itu semua dikarenakan izin dari Allah Swt.

Qara'ati kemudian bercerita tentang ayahnya yang hingga mencapai usia 45 tahun masih belum diberkati anak. Padahal ia ingin sekali memiliki anak. Kemudian ia pergi ke Mekkah dan memohon di hadapan Kabah. Ia ingin agar jika dikarunia anak, kelak ia akan menjadi seorang muballigh. Lalu ketika dia pulang, Allah Swt memberikannya 12 anak dan semuanya menjadi muballigh, termasuk Qara'ati sendiri. "Saya sekarang bisa berada di negeri Indonesia di hadapan Anda sekalian berkat ayah saya yang menangis di hadapan ka'bah", katanya di hadapan jamaah seminar.

Qara'ati melanjutkan pembicaraannya. Menurutnya, Muballigh yang baik harus lolos syarat moral.

Ada sebuah cerita. Seorang agamawan sedang berada dalam sebuah kapal yang kebetulan di dalamnya terdapat seorang cendekiawan. Ketika dia hendak berbicara dengannya, si cendekiawan menunjukkan muka yang masam seperti tidak suka pada dirinya.
Berapa kali dia mengajak berbicara tapi si cendekiawan itu tidak mau menjawab. Setelah itu, si cendekiawan marah sambil berkata bahwa dirinya tidak suka pada orang yang bersurban. Sang ulama lantas melepas dan membuang surbannya, namun tetap ramah dan lemah lembut pada si cendekiawan.

Melihat hal itu, si cendekiawan tersentuh hatinya dan menunjukkan sikap berbeda. Bahkan ketika si ruhani turun dari kapal, ia tidak membolehkannya untuk menginap di hotel melainkan mengajak ke rumahnya. Sang ulama dijamu dengan luar biasa sebagai rasa simpati dan persahabatan. Tidak hanya itu, si cendekiawan memberikan hadiah padanya ketika hendak pulang. Ketika ia buka hadiah itu, di dalamnya ada 2 surban sebagai ganti yang ia buang sewaktu di kapal.

Cerita di atas menunjukkan bahwa seorang muballigh harus menunjukkan akhlak mulia. Kalau diperlukan, ia harus melepas surbannya untuk meraih tujuan yang lebih mulia.

Cerita lain. Masih tentang seorang ulama. Ada seorang ulama di kota Baghdad. Suatu hari ia naik bis menuju ke sebuah kota. Di tengah perjalanan, seorang wanita naik dengan pakaian yang sangat seronok dan duduk tepat di sampingnya. Setiap orang tertawa ketika melihat seorang syeikh tua dengan janggut putih panjang dan di sampingnya seorang wanita dengan pakaian seronok. Si ruhani itu akhirnya duduk membelakangi wanita itu. Ketika harus menyerahkan tiket, dia menyerahkannya tanpa melihat pada yang meminta tiket. Alangkah kaget sang ulama ketika yang meminta tiket itu bilang bahwa tiketnya telah ada yang membayar yaitu si wanita yang ia belakangi.

Sang ulama berkata dalam hatinya, "Masya Allah, saya membelakangi wanita itu tetapi ia malah membalasnya dengan kebaikan denagn membayarkannya tiket".
Akhirnya, si ruhani itu merubah posisi duduknya dengan tidak lagi membelakangi wanita itu. Lalu ia berkata pada si wanita, "Maafkan saya".

Wanita itu menjawab, "Wahai ruhani, Anda ini adalah ayah kami. Kami wajib menghormati Anda.”
Ia merasa terkesan. Wanita ini telah menyadarkan dirinya.

Itulah contoh bahwa seorang muballigh tidak boleh menunjukkan sikap tidak ramah. Dalam masalah sikap, mana yang lebih baik? Apakah si ruhani atau si wanita? Seorang muballigh harus bersikap terhadap masyarakat dengan ketulusan, kasih sayang, dan akhlak baik.

Cerita lain. Di Teheran terdapat masjid baru. Ada banyak anak muda di masjid itu. Kenapa di masjid itu banyak anak-anak muda? Ternyata, Imam jemaah masjid itu setiap tahun pergi ke sekolah yang ada di belakang masjid dan memberikan hadiah satu alat tulis pada setiap anak. Sehingga dari perlakuan imam masjid ini banyak anak-anak muda yang menyukainya dan datang untuk memakmurkan masjid. Itulah contoh cara tabligh di masyarakat.

Qara'ati lalu menceritakan sebuah cerita lain yang menurutnya sangat penting. Pada saat peperangan antara Irak dan Iran, ada seorang ulama bernama Abu Thuraby yang ditawan oleh Saddam selama 10 tahun dan dia adalah pemimpin dari 100 ribu tawanan yang ada di Irak.

"Saya pernah belajar bersama-sama beliau. Saya ingin mengetahui bagaimana seorang ruhani menjadi pemimpin dari 100 ribu tawanan", ujar Qara'ati. Ini cerita yang sangat penting dalam hidupnya, yang perlu diceritakan kepada orang lain, bahkan mungkin layak untuk dibuatkan film.

Qara'ati melanjutkan ceritanya. Ada sebuah mobil palang merah datang untuk melihat para tawanan dan mereka datang kepada Abu Thuraby. Palang merah ini bertanya tentang apakah ada penyiksaan dari Saddam kepada para tawanan. Namun beliau tidak menjawab karena di situ ada seorang kolonel tentara yang berdiri mengawasi mereka. Setiap kali mereka bertanya tentang itu kepadanya beliau tidak menjawab. Akhirnya mereka meninggalkan tempat itu.

Si kolonel yang mengawasi tersentuh hatinya dan menghampiri Abu Thuraby. Dia berkata, "Saya sendiri yang menyiksa Anda. Saya sendiri yang dulu memaku kepala Anda."

Tahukah Anda apa yang dikatakan Abu Thuraby? Beliau menjawab, "Kenapa saya tidak katakan pada mereka tentang penyiksaan itu, karena palang merah ini adalah Kristen dan Anda adalah seorang Muslim. Karena dalam al-Quran dikatakan, jangan pernah menceritakan kepada orang kafir yang dengannya Anda merasakan kebaikan-kebaikan mereka."

Kolonel itu merasa tersentuh dan berkata, "Saya malu kepada Anda dan malu kepada Al-Quran. Anda seorang mullah yang luar biasa. Al-Quran benar-benar telah melebur pada diri Anda."

Si Kolonel itu kemudian bertanya, "Karena Anda telah berbuat seperti itu kepada palang merah tadi, lantas apa yang harus saya perbuat kepada Anda? Dulu saya menyiksa Anda, sekarang saya ingin melakukan sesuatu yang luput dari pandangan Saddam. Apa yang harus saya lakukan untuk Anda?"

Abu Thuraby lantas menjawab, "Saya hanya minta satu hal. Izinkan saya bertemu dengan 100 ribu anak muda tawanan-tawanan Iran."

Si Kolonel itu kemudian bekerja sama dengan Abu Thuraby dan menjadi mata-mata beliau di tengah tentara-tentara Saddam. Abu Thuraby lalu menyusun program pembinaan untuk tawanan anak-anak muda ini. Dia memberikan bimbingan tahfiz Quran, tafsir Quran, bahasa Inggris, Nahjul Balaghah, retorika, dan selama 10 tahun ia menjadi pemimpin mereka. Hal itu karena ayat yang dibacakan olehnya kepada si kolonel tadi.

Qara'ati berkata, agama Islam memiliki daya tarik tersendiri. Imam Ridha as pernah berkata, "Seandainya seluruh manusia mengetahui betapa manisnya agama ini, niscaya mereka akan masuk Islam".

Qara'ati lalu bercerita tentang pengalamannya. Di Iran, ia biasa berceramah di hadapan ribuan orang. Suatu waktu, terdapat anak-anak kecil persis berada di bawah mimbarnya. Pada waktu itu beberapa orang perwira penting datang pada acara itu. Pimpinan majelis lalu mengangkat anak-anak kecil untuk tempat duduk para perwira. Qara'ati melihat hal tersebut dari atas mimbar dan menurutnya hal itu adalah kemunkaran. Beliau berkata bahwa ia harus mengatakan hal tersebut.
Menurut Qara'ati, seandainya dalam sebuah majelis ada seorang anak yang duduk lalu ia dipindahkan untuk tempat shalat seorang presiden, maka shalat presiden itu tidak akan diterima oleh Allah Swt. Lalu, Qara'ati berhenti berbicara dalam acara itu dan berkata selamat datang kepada para penguasa negeri Iran seraya mengatakan bahwa mereka telah merampas hak dari anak-anak kecil. Mendengar itu, mereka berdiri dan mencari tempat yang kosong. Qara'ati lantas mempersilahkan anak-anak kecil tadi untuk kembali duduk di tempatnya semula.

Inilah salah satu contoh dari perkataan Imam Ridha di atas, bahwa seandainya mereka mengetahui manisnya agama ini tentu mereka akan masuk Islam. [hs]

Pada tahun ini, peringatan Haul Imam Khomeini menghadirkan pembicara langsung dari negeri Iran, Ayatullah Muhsin Qara'ati, seorang ulama ahli tafsir terkemuka yang sengaja hadir untuk memberikan pencerahan mengenai jasa-jasa Imam Khomeini, yang bukan saja bagi negeri Iran tetapi bagi umat Muslim dunia.

Dalam ceramahnya, Ayatullah Muhsin Qara'ati berbicara dalam bahasa Parsi dan diterjemahkan oleh Ustadz Abdullah Beik ke dalam bahasa Indonesia. Beliau di antaranya mengutarakan: "Di antara tugas para Nabi adalah mencegah kezaliman dan menyelamatkan masyarakat, dan hal itu adalah apa yang diajarkan oleh al-Quran, di antaranya apa yang difirmankan oleh Allah mengenai kisah Nabi Musa yang diutus Allah kepada Bani Israil. Dalam salah satu ayat, digambarkan mengenai Fir'aun sebagai raja yang selalu memaksakan kehendaknya pada masyarakat, di antaranya melakukan kedzaliman terhadap orang-orang beriman dengan memotong kaki dan tangan mereka secara silang, potong kaki kanan dan tangan kiri, sebagai akibat bagi siapa saja yang mengikuti Nabi Musa As. Namun pengikut Nabi Musa, seperti diceritakan pula oleh Al-Quran, mengatakan mereka tidak memiliki pilihan lain selain meneruskan pilihan kebenaran yang telah mereka pilih."

Qara'ati memberikan penjelasan mengenai sikap orang beriman tadi, bahwa pilihan hidup yang benar bukan pilihan hidup untuk makan, sebab jika pilihan hidup untuk makan, maka tidak ada bedanya dengan sapi yang makan lebih banyak daripada manusia. Bukan hanya itu, sapi juga selain makan banyak, juga tidak perlu dimasak, tidak perlu dicuci dan tidak takut keracunan makanan. Begitu juga halnya, jika manusia hidupnya mempunyai pilihan hanya untuk memuaskan nafsu, maka tidak ada bedanya dengan ayam. Ayam dalam memuaskan nafsunya hanya perlu adanya pasangan, tidak perlu kamar, bisa dilakukan di mana saja, dan frekuensinya bisa lebih banyak dari manusia.

Kehidupan sejati, menurut Qara'ati, bukan hanya menuruti nasfu makan atau memuaskan nafsu syahwat, tetapi mengikuti pikiran kita. Artinya, dengan pikiran itu kita mencari kebenaran dan dengan kebenaran itulah kita mati syahid. Seperti yang dikemukakan oleh Imam Husein As, bahwa "Aku akan pergi walaupun kematian akan menghadangku. Boleh saja kepalaku mungkin ditebas, tetapi aku tidak akan menundukkan kepalaku kepada pemimpin yang dzalim". Hal itu pula yang dilakukan oleh Fir'aun yang mengatakan dia akan membunuh siapa saja yang mengikuti Nabi Musa as, tetapi mereka tetap teguh memegang keimanannya.

Ayatullah Muhsin Qara'ati selanjutnya memberikan penjelasan mengenai "Apa tujuan Imam Khomeini?" Menurut Qara'ati, Imam Khomeini melakukan perjuangannya dalam melawan kedzaliman sesuai dengan apa yang diyakini oleh para orang-orang beriman kepada Nabi Musa. Imam Khomeini tetap berpegang teguh pada keyakinannya dan tidak akan surut pejuangannya, baik menang ataupun kalah. Seperti halnya seorang muadzin, yang tetap mengumandangkan adzan, baik orang mau shalat ataupun tidak mau shalat. Atau seperti mobil pemadam kebakaran yang harus selalu siap, baik ada kebakaran ataupun tidak ada kebakaran.

Qara'ati menambahkan, "Tujuan pergerakan Imam Khomeini adalah revolusi budaya. Beliau ingin mengubah paradigma dan pemikiran yang ada pada saat itu, yaitu adanya asumsi yang salah bahwa tidak mungkin sekuntum bunga akan memberikan sejuknya musim semi. Tetapi al-Quran mengatakan, Nabi Ibrahim berjuang hanya sendirian. Begitu juga Imam Khomeini. Ia berjuang sendirian, yang dengannya seorang Muslim yang awalnya takut terhadap penguasa menjadi berani karena melihat sosok Imam Khomeini."

Pernyataan Qara'ati tersebut disambut dengan gegap gempita dari para hadirin sambil menyerukan "Allahuma shalli 'ala Muhammad wa ali Muhammad" sebagai ungkapan emosi takjub dan ikut merasakan apa yang diperjuangkan oleh Imam Khomeini.

Qara'ati melanjutkan ceramahnya tentang bagaimana Imam Khomeini melakukan sebuah revolusi. Pertama, yang beliau lakukan adalah niat mendekatkan diri kepada Allah Swt. Imam Khomeini adalah sosok yang penuh keikhlasan. Beliau tidak pernah memikirkan sesuatu selain Allah Swt. Seorang yang ikhlas adalah yang selalu berpikir ketika Allah ridho maka ia akan menuju ke arah yang diridhoi-Nya, bukan ke arah apa yang disukai oleh manusia atau apa yang dilihat oleh manusia. Sebagaimana halnya benang emas dalam uang kertas yang memberi nilai pada uang kertas itu. Benang itu seperti keikhlasan, yang akan memberikan nilai bagi manusia, dan berkat keikhlasan itu hati orang-orang akan terpikat untuk mengikuti jejaknya.

Dalam sebuah ungkapan disebutkan, "Datanglah kepada seorang Kepala Desa di satu wilayah dan berikan apa yang diinginkannya, niscaya kalian akan bisa berbuat apa saja termasuk mencuri dari rumah-rumah yang ada di wilayah itu. Namun, datanglah kepada Tuhan dan ikhlaskan apa yang kita perbuat hanya untuk Tuhan, niscaya kita bisa mengambil hati-hati manusia yang menjadi milik-Nya".

Qara'ati memberikan contoh bagus mengenai perjuangan Imam Khomeini. Beliau berkata, "Jika Anda menyukai saya, dan saya pun menyukai Anda. Namun ketika Anda melemparkan sorban saya ke jalan, atau saya menyiramkan air ke muka Anda, persahabatan kita mungkin akan lenyap hanya dengan tindakan yang kecil itu. Ketika Imam Khomeini meminta para pengikutnya untuk turun ke jalan, banyak dari mereka yang syahid atau cedera berat. Namun tetap saja orang masih banyak yang mencintai Imam Khomeini.

Banyak media di berbagai negara yang menjelek-jelekkan perjuangan Imam, tetapi Allah menggunting lidah-lidah mereka dan orang masih tetap cinta pada Imam Khomeini. Sebagaimana perjuangan Rasulullah pada masa lalu. Ketika kafir Quraisy mencaci maki beliau dengan sebutan penyair, tukang sihir, bahkan gila. Namun Allah Swt berjanji dalam salah satu firman-Nya akan menghentikan semua caci maki tersebut.

Kini Nabi Muhammad Saw dan musuh-musuhnya telah tiada. Namun, kita bisa melihat akibat akhir dari semua itu, kubur Nabi Muhammad banyak ditangisi oleh jutaan orang sementara musuh-musunya tidak sama sekali. Saddam dan Imam Khomeini saat ini pun telah tiada, namun bisa dilihat di atas kuburan Saddam saat ini tidak ada yang berdiri di atasnya sekalipun seekor kucing, tetapi di sekitar kuburan Imam Khomeini jutaan orang menangisi beliau dan semua ceramah-ceramah Imam disebarkan ke seluruh penjuru dunia. Inilah bukti apa yang dijanjikan Tuhan sebagai akibat akhir dari orang-orang yang bertakwa, orang-orang yang ikhlas dan menyerahkan dirinya pada Allah SWT dalam setiap perjuangannya."

Contoh lainnya, "Bayangkan Anda sekarang memiliki 1000 meter tanah. Namun ketika Anda naik pesawat terbang dan berada di atasnya, tanah yang luas itu terlihat hanya beberapa meter saja. Lebih tinggi pesawat itu, maka tanah itu pun terlihat hanya sejengkal, lebih tinggi lagi pesawat itu, maka tanah itu pun terlihat seperti sabun, bahkan semakin tinggi pesawat itu tanah itu pun terlihat sangat kecil seperti jarum. Itulah contoh semakin tinggi kita mendekatkan diri pada Allah SWT, maka semua yang ada di dunia ini akan terlihat semakin kecil dan tidak ada artinya." Qara'ati lalu mengutip sebuah doa, "Sangat besar dan agung nama Tuhan di dalam diri-diri mereka, maka sangat kecil segala sesuatu selain Allah Swt." Semakin dekat kita memahami Allah Swt, maka semakin kecil kita melihat Amerika.

Imam Khomeini dalam perjuangannya dipenjara oleh Syah dan diasingkan ke Perancis. Setelah dari pengasingan Imam Khomeini kembali ke Iran. Seperti kisah Nabi Musa yang dilahirkan dan disusui oleh ibunya, lalu dilepaskan di sungai dan jauh pergi. Namun, kemudian Allah Swt mengembalikan Nabi Musa as kepada ibunya. Imam Khomeini juga demikian. Setelah beliau diasingkan dari satu tempat ke tempat lain, ke Turki, Irak, dan Paris, namun kemudian Allah Swt mengembalikan Imam Khomeini ke negaranya.

Ayatullah Qara'ati lalu memberikan penjelasan mengapa Imam Khomeini dicintai oleh orang lain. Seperti diungkapkan dalam al-Quran, bahwasanya barangsiapa yang beriman dan beramal saleh, maka Allah Swt akan memberikan kecintaan di hati setiap manusia kepadanya.

Setelah kembali ke Iran, lalu Imam Khomeini pergi ke Irak dan menziarahi kuburan para syuhada. Beliau berkata, "Dengan tangan ini aku akan memukul Syah". Ini sama dengan perkataan Nabi Ibrahim as yang berujar, "Demi Allah, aku akan menghancurkan berhala-berhala itu!" Dan apa yang dilakukan oleh Imam Khomeini merupakan percikan dan jejak dari apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as.

Imam Khomeini menulis banyak surat di antaranya kepada Presiden uni Soviet saat itu Mikail Gorbachev. Sebagaimana Nabi Sulaiman as yang mengirim surat kepada Ratu Balqis. Dengan ibadah-ibadah Imam Khomeini, kecintaan, gigihnya perjuangan beliau, lalu revolusi Islam Iran menjadi menang.

Imam Khomeini mengatakan, "Syi'ah dan Sunnah kedua-duanya sama-sama Islam. Kita punya 5 jari dalam satu lengan. Ja'fari, Syafi'I, Hambali, Maliki, Hanafi. Jari-jari kita tidak menjadi satu tetapi berpisah sendiri-sendiri tetapi di hadapan musuh jari-jari itu menyatu untuk memukul musuh."

Imam Khomeini juga berpendapat bahwa antara laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama. Antara anak kecil dan orang tua pun sama. Imam di antaranya pernah berkata, "Aku akan mencium tangan orang tua yang menjual sayur di pasar". Di lain kesempatan, Imam berkata ketika ada seorang anak yang ikut perang dan berhasil membom musuhnya, "Ini adalah tangan Imam saya. Saya adalah pengikutnya." Imam Khomeini betul seorang pemimpin (rahbar), tetapi beliau mengatakan, "Jangan sebut saya Imam, saya adalah pelayan kalian".

Dalam penutup ceramahnya, Ayatullah Qara'ati berpesan bahwa, di sini kita berkumpul untuk mengenang wafatnya Imam Khomeini, maka kita harus mengikuti jejak beliau, mengikuti al-Quran dan apa yang ditunjukkan oleh para Nabi dan para Imam suci. Qara'ati juga berpesan untuk tidak usah takut dalam mengemban misi suci tersebut, karena seperti dikatakan dalam al-Quran, walaupun semua kekuatan dikumpulkan niscaya tidak akan mampu untuk menciptakan seekor lalat yang kecil sekalipun. Hari ini Hasan Nasrullah maju dengan nafas Imam Khomeini. Ahmadinejad adalah anak didik Imam Khomeini. Kemana pun nafas Imam Khomeini pergi maka ia akan menjadikannya sebagai pemberani.

Qara'ati juga mengajak agar semua umat Muslim lebih bersatu sebagaimana juga saat ini umat Yahudi dan Nasrani sama-sama bersatu, Israel dan Amerika pun bersatu. Oleh karena itu, Syi'ah dan Sunnah harus bersatu. Antara Syi'ah dan Sunnah memiliki banyak persamaan, Tuhan kita adalah satu, Nabi kita adalah satu, al-Quran kita satu, kiblat kita satu, bulan Ramadhan kita sama, haji dan jihad kita sama, dan sebagainya.

Landasan Teori

Tablig

Tablig adalah kosa kata arab. Kata tablig terbentuk dari bab tsulatsi mazid bab taf’il. Secara literal artinya menyampaikan atau menyambungkan. Akar katanya banyak ditemukan di dalam ayat-ayat al-Quran :

Raghib Isfahani mengatakan, bulûg atau iblâg artinya sampai pada tujuan, tujuan itu bisa bersifat tempat atau sesuatu perkara.[1]

Secara istilah setiap bahasa dan budaya memiliki istilah khusus tersendiri. Di dalam islam selain tablig juga digunakan kata lain yaitu dakwah, i’lam, di’ayah dan sebagainya.

Menurut Berniz,

Tablig adalah aktifitas yang terus menerus demi menciptakan atau mempengaruhi opini publik

Laotse mendefinisikan tablig sebagai usaha untuk merubah paradigma orang lain dan dilakukan secara terencana

Ensiklopedia Persia menulis tablig atau propaganda adalah usaha untuk menciptakan hal-hal yang baik atau hal-hal yang buruk, mengubah keyakinan atau sesuatu.

Seorang penulis mengatakan, “ Tablig adalah aktifitas untuk merubah keyakinan umum dengan cara yang halus atau samar dengan menggunakan berbagai media seperti bahasa, gambar, teater dan sebagainya.

Definisi-definisi yang sangat banyak itu mengandung benar merah yang sama. Yaitu bahwa tablig adalah menyampaikan informasi kepada para pendengar untuk meyakinkan mereka, menarik motivasi atau memprovokasi.

Awalnya, tablig itu dipakai dalam urusan-urusan agama kemudian secara perlahan-lahan istilah itu dipakai juga dalam urusan-urusan yang lebih luas.

Tablig yang akan dibicarakan di dalam buku ini adalah tablig dalam agama islam. Tablig Islam adalah menyampaikan pesan-pesan Illahi dengan metoda yang mencerahkan sehingga massa menjadi tertarik dan simpati, dan dengan menggunakan media-media yang benar.

Ada perbedaan besar antara tablig dalam Islam dan di luar islam. Dalam islam tablig memiliki motivasi yang sakral. Seorang pembawa pesan harus memiliki sifat amanah, jujur, dan tidak melakukan distorsi atas pesan yang ingin disampaikannya. Islam tidak mengizinkan seorang mubalig untuk menggunakan segala cara dan atau metoda-metoda yang tidak benar. Tujuan dan sarana dalam islam sama pentingnya.

Tablig Menurut al-Quran

Tablig yaitu memberi petunjuk kepada manusia adalah tugas utama nabi-nabi dari langit. Bahkan dengan tegas Allah swt mengatakan Dan sungguh, kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan) sembahlah Allah, dan jauhilah Tagut! (an-Nahl :36). Kisah-kisah para nabi yang dianggkat oleh al-quran adalah aktifitas tablig mereka merentang sejak nabi yang pertama sampai nabi yang terakhir Muhammad saw. Sesungguhnya kami mengutusmu dengan kebenaran untuk membawa kabar gembira dan peringatan dan tidak ada satupun umat melainkan di sana telah datang seorang pemberi peringatan (QS. fathir : 24).

Allah menjuluki nabi sebagai mubalig syariat dan ia juga memperkenalkan nabinya Sesungguhnya kami mengutusmu untuk menjadi pembawa kabar gembira dan pembawa peringatan[u1] )

Tablig dan dakwah adalah usaha untuk menghidupkan memberi nyawa kepada kehidupan manusia. Ia mengajak kepada yang akan menghidupkan kalian (QS al-Anfal: 24), Tablig islam dalam arti lain adalah menghidupkan kebaikan-kebaikan manusia dan memberi petunjuk spiritual

Dan apakah orang yang sudah mati lalu kami hidupkan dan kami beri dia cahaya yang membuatnya dapat berjalan di tengah-tengah orang banyak, sama dengan orang yang berada dalam kegelapan, sehingga dia tidak dapat keluar dari sana? (QS. al-an’am: 122)

Misi rasul diantaranya adalah menyelamatkan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Memberi petunjuk artinya menghidupkan ruh manusia, karena manusia yang hidup adalah juga dapat menghidupkan masyarakat sekitarnya. Barang siap menghidupkan seorang manusia, berarti ia telah menghidupkan semua manusia (QS al-Maidah: 32).

Jadi tablig menjadi tugas yang mulia dan kebaikan yang sangat tinggi sebab ia menghidupkan seluruh manusia Siapakah yang memiliki kata-kata yang terbaik dibanding orang yang menyeru kepada Allah dan melakukan amal salih (QS. al-Fushilat :33).

Thabarsi menafsirkan ayat tersebut bahwa mengajak manusia kepada agama Allah adalah kewajiban dan ketaatan yang paling utama.[2]

Al-quran sendiri mengatakan :

Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi ( ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya (QS. at-Taubah: 122)

Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) makruf, dan mencegah dari yang mungkar (QS Ali Imran : 104).

Tablig menurut Pandangan Rasulullah saw

Tablig adalah tugas utama Rasulullah. Ia telah membaktikan seluruh usianya untuk menyampaikan ajaran–ajaran islam. Aktifitas rasul dalam tablig adalah sebagai berikut : Tiga tahun pertama dari hidup beliau dihabiskan untuk menyampaikan islam secara rahasia dan kemudian setelah itu mulailah beliau menyampaikan islam secara terang-terangan kepada seluruh elemen masyarakat. Akibat usaha kerja keras ini Rasulullah dan sahabat-sabatnya diboikot di Syi’b[u2] Abi Thalib selama tiga tahun. Lamanya. Tapi meskipun dalam kondisi yang sangat sulit sekali, Rasulullah tetap giat menyampaikan dakwahnya

Menurut ahli sejarah, meskipun selama tiga tahun mengalami pemboikotan dari musuh-musuhnya Rasul tidak berhenti dalam menyampaikan ajaran-ajaran islam dan tanpa merasa gentar sedikitpun.

Di setiap saat, rasul selalu mengatur waktunya untuk mengirim para mubalig ke berbagai daerah untuk menyebarkan islam. Salah satu mubalig islam yang diutus oleh Rasulullah adalah Mush’ab bin Umair .

Rasulullah juga memanfaatkan momen haji atau ketika berbagai kabilah datang ke Mekah dan juga ketika melakukan perjalan ke berbagai wilayah di sekitar Mekah. Ketika Rasul mengirim setiap individu muslim ke kawasan-kawasan non Muslim beliau berpesan,
”Bersikaplah lemah lembut dengan setiap orang yang engkau temui, berilah mereka kesempatan jangan lah kalian menyerang mereka sebelum mereka memahami islam, karena saya lebih menyukai keluarga-keluarga yang tinggal di desa atau di tenda-tenda itu masuk islam oleh tangan kalian daripada kalian memerangi kaum laki-lakinya atau menyandera kaum perempuannya.”[3]

Rasulullah saw juga berpesan kepada Amirul Mukminin Ali bin abi Thalib, Hai Ali kalau engkau berhasil memberi petunjuk kepada manusia maka itu lebih baik dari pada matahari yang bersinar

Sebaik-baik umatnya adalah adalah yang mengajak hamba kepada Allah dan mencintainya.[4]

Tablig menurut para imam

Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as mengatakan Seorang pengikutku yang ahli dalam syariat kemudian mencerahkan seorang syiah dari kebodohan maka ia akan di hadirkan di hari kiamat dengan kepala yang bertahtakan mahkota cahaya. Cahanya itu menerangi seluruh alam akhirat dan ia juga akan mengenakan busana yang terbaik dimana nilai benang yang paling pendeknya lebi berharga dari dunia.[5]

Pemimpin revolusi Islam Husain bin Ali as mengatakan, “ Siapa saja yan mengajak seorang hamba agar keluar dari kebodohan dan kembali kepada cahaya pasti akan dikabulkan tuhan. Pendawah adalah penghidup manusia akan mendapatkan balasan yang besar.

Imam Zainal Abidin mengatakan, “Allah swt menurukan wahyu kepada Musa sebarkanlah dekatkanlah Aku kepada hamba-hamba-Ku dan dekatkan mereka kepada aku!, Musa kemudian bertanya, “Apa yang harus aku lakukan ya tuhanku? Sebarkan kasih sayang-Ku di antara makhluk-makhluk agar mereka mencintaiku, kalau engkau menyerahkan orang-orang yang melarikan dari atau yang tersesat ke rumahku maka itu lebih utama daripada ibadah seratus tahun di mana siang harinya disibukan dengan puasa dan malam harinya dengan salat malam.[6]

Imam Bagir as mengatakan, Siapa saja yang mengajarkan jalan petunjuk maka ia akan mendaptkan pahala atas perbuatan tersebut akan mendapat pahal amal orang yang mengamalkan petunjuk tersebu dan juga pahala orang yang mengamalanya , dan tidak akan dikurangi sedikitpun. Dan siapa saja yang menyebarkan ajaran-ajaran sesat, maka ia juga akan menanggung dosa orang yang mengamalkan ajarannya. Dan dosanya tidak akan dikurangi sedikitpun.

Imam Shadiq as mengatakan, “ Di hari kiamat Allah swt akan membangkitkan seorang alim dan ahli ibadah ketiika dua orang ini menghadap tuhan, kepada ahli ibadah tuhan nemgatakan pergilah ke surga! Dan kemudian kepada si alim ……………………..24

Imam Musa bin Jafar as juga mengatakan kepada Hisyam bin Hakam

Allah swt mengutus nabi-nabi dan para rasul untuk agar mereka mengenal dan memahami-Nya. Orang yang paling manusia yang menerima kebaikan adalah yang paling mengenal dirinya sendiri, dan yang paling sadar adalah yang paling bijak danmanusia yang paling cerdas adalah manusia yang paling utama di dunia dan di akhirat.

Imam Khomeini mengatakan, sekarang apa saja yang dikatakan di sini akan segera akan menyebar di seluruh dunia. Radio akan menyiarkan apa yang terjadi di sini karena itu sekarang hujah bagi kita semakin besar. Dan juga tablig semakin penting karena sekarang anda tidak harus mendidik massa di masjid saja karena radio sekarang bisa menyuarakan suara anda dan sampai ke dunia luar.

Imam Khomeini di tempat lain mengatakan wali-wali kita harus melawan kaum tiran baik dengan tablig atau dengan menggunakan senjata.

Ketika Imam Khomeini bertamu dengan menteri kebudayaan Islam dan anggo dewan kerjasama mengatakan senjata tablig

Tablig sejak awal islam adalah hal yang sangat ditekankan oleh Islam.

Sebagaimana belajar adalah taklif maka tablig juga lebih wajib belajar adalah mukadimah dalam tablig dan mukadiah untuk memberi nasihat.

Beliau menjelaskan tugas para ruhaniawan

Kita memiliki tugas yang besar kita harus menyampaikan ajaran-ajaranislam sebagaimana apa adanya, seperti yang dijelaskan oleh tuhan, dan seperti yang dijelaskan dalam riwayat-riwayat dan ayat-ayat al-quran,kita harus menyampaikan ke masyarakat dunia, demikian dan seterusnya demikian. Dan bahkan lebih kuat dari senjata dan tank. Pekerjaan untuk menarik hati orang adalah sebuah seni dan seni ini berasal dari islam.

Ali Khamenei mengatakan mengomentari tentang aktifitas para misionaris kristen

Ada manusia-manusia yang berasal dari kota-kota yang makmur di Eropa mereka datang ke tempat-tempat yang jauh ribuan kilometer ke Amerika latin, ke Afrika dan bertahun-tahun tinggal di sana. Dan saya juga berulang kali mengatakah kepada para ahli ilmu saya membaca perjuangan pendeta-pendeta yang aktif dan tinggal di wilayah-wilayah koloni yang tidak pernah diinjaki oleh kaki-kaki para penjajah. Mereka membawa salib-salib untukmenyebarkan ajaran-ajaran khurafat kristen di zaman ini. Mereka juga mengkristenkan sebagian orang-orang islam kalau merkea benar-benar bekerja keras di jalan kebatilan mengapa kita tidak mau berbuat apa-apa?

Kalau memang benar, bahwa kemuliaan satu disiplin ilmu karena kemuliaan tujuannya, maka kita harus meyakini bahwa salah satu disiplin ilmu yang mulia adalah tablig atau menyampaikan ajaran-ajaran agama. Atau yang dikenal di sini sebagai ceramah di atas mimbar karana tablig adalah menyampaikan menyampaikan ajaran-ajaran agama. Nasihat-nasihat untuk membersihkan manusia (tazkiyatunna nafs), mengajarkan ajaran-ajaran ilahi agar manusia dapat mencapai maqam yang lebih mulia

Ali Khamenei juga mengatakan, “Jangan kalian bawa-bawa pedang ke negeri-negeri Islam karena pedang tidak bisa meyakinkan iman manusia. Yang dapat meyakinkan mereka adalah nasihat-nasihat dan ajaran-ajaran tuhan!” [7]

Seorang ruhani adalah pembimbing manusia ke arah yang telah ditunjukan al-Quran dan rasullullah saw

Salah satu wasilahnya adalah dengan memberi peringatan. Perlu disadari bahwa kita sedang menduduki posisi figur ulama-ulama yang ingin mengabdikan dirinya demi memelihara agama. Mereka adalah kelompok yang ingin memberi petunjuk kepada manusia di sepanjang hidup mereka. Mereka adalah manusia-manusia yang ingin mencerahkan hati, mengubah kehidupan dan mensucikan langkah-langkah perjalanan manusia.

Pasca perang dunia pertama dan kedua, para ilmuwan dari jerman meyakini bahwa kelebihan keunggulan musuh mereka karena sarana media yang mereka kuasai. Danjerman tidak berhasil melemahkan semangat musuh karean tidak memiliki teknologi media massa yang memadai. Salah satu jenderal dari negara Jerman menatakan pasca perang dunia pertama :

Mentri informasi dan intelegen Hitler mengatakan

Dengan satu unit kamar gas, kita dapat meracuni ratusan orang tapi dengan kebohongan kita bisa meracuni otak ratusan juta manusia.

Mantan Presidan AS pernah mengatakan perang terbesar yang kita hadapi adalah perang untuk menundukan otak manusia.

Satu dolar untuk tablig lebih baik dari sepuluh dolar untuk persenjataan.

Lenin mengatakan Propaganda adalah kekuatan sebuah negara

Napoleon pernah mengatakan Saya lebih takut kepada suara tulisan para wartawan dibandingkan rentetan peluru.

Seorang penulis Perancis mengatakan, “Tablig itu tidak akan datang sendiri dan tanpa itu juga tidak akan terjadi apa-apa.”[8]

Mohsen Qiraati dan al-Quran dan Tafsir al-Quran

Di zaman ini, musuh-musuh anti kemanusiaan sedang berusaha menggerogoti akidah, budaya dan akhlak masyarakat muslim dengan menggunakan sarana-sarana yang luar biasa hebat. Mereka telah mengerahkan segala daya melakukan sebuah persekongkolan besar untuk menebarkan racun serta fitnah yang sangat gencar.

Karenanya, masyarakat muslim memang sangat menghajatkan sebuah bahtera penyelamat. Dan harapan terakhirnya mereka adalah al-Quran. Karena al-Quran mengatakan, Allah Swt telah menyelamatkan Yunus dari dalam lautan, Nuh dari atas lautan dan Yusuf dari sumur, Allah juga telah menyelamatkan Nabi Ibrahim as dari api dan menyelamatkan Nabi Musa as dengan menenggelamkan Fir’aun dan pasukannya ke dasar lautan.

Sehingga sangatlah laik jika ada kritikan untuk mereka-mereka yang tidak mau melakukan tadabur atas al-Quran. Padahal tidak hanya surah, atau ayat-ayatnya bahkan di dalam huruf-hurufnya terdapat sesuatu yang sangat penting.

Imam Shadiq as ditanya, “Mengapa ketika anda berwudu hanya mengusap sebagian kepala dan tidak seluruh bagian kepala?” Imam menjawab, “Itu karena ada huruf ba di dalam ayat, wamsahu bi ru’usikum (Dan usaplah sebagian kepalamu). Artinya kita harus cermat dan seksama bahkan dengan huruf-huruf al-Quran, karena ada rahasia-rahasia yang terpendam.

Setiap tafsir memiliki metoda dan gaya tersendiri, ada yang memilih pendekatan sastera untuk menggali makna-makna al-Quran, ada juga yang meneliti kaitan antar ayat-ayat sehingga muncul pemahaman batu, seperti tafsir Fakhurrâzî dan ada juga yang hanya melakukan penafsiran dengan membawakan pendapat para mufasir lain seperti tafsir Majma’ al-Bayan dan Ruhul Ma’ani atau juga ada yang lebih menyukai pendekatan-pendekatan fikih seperti tafsir Qurthubi atau hanya mengusung tema-tema sosial seperti tafsir Fi zilalil al-Quran dan al-Manar, atau hanya dengan menukil riwayat-riwayat seperti tafsir-Shafi, Burhan, Nur Ats-tsaqalaen dan Kanz ad-Daqaiq. Sebagian lagi menafsirkan ayat dengan ayat lain seperti dalam tafsir al-Mizan. Ada lagi yang menafsirkan dengan merujuk kepada masalah-masalah alam, seperti tafsir Thanthawi.

Tetapi tafsir yang ada di tangah anda ini, hanya memilih pendapat-pendapat para ahli yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Jadi ikhitilaf bahasa yang tidak begitu penting untuk pembaca awwam ditiadakan di dalam buku ini, sebagai gantinya kami menyodorkan butir-butir penting atau pesan-pesan yang sangat menyentuh dan bisa diamalkan.

Para pembaca yang terhormat ! Mungkin anda sekalian tidak menemukan sesuatu yang baru dalam tafsir ini, karena itu sudilah kiranya mengirimkan sesuatu saran, kritikan atau masukan yang akan kami hargai sekali dan kelak nanti akan kami tambahkan di cerakan berikutnya. Seperti yang dikatakan oleh Imam Ali as, “Al-Quran adalah samudra yang sangat dalam.”[9] Seperti air yang menjadi sumber kehidupan dan muara semua air adalah laut, maka demikian juga mata air hakikat adalah al-Quran.

Seperti halnya para penyelam yang menyebur ke dasar samudera untuk mendapatkan intan mutiara, maka demikian juga para ulama dan ilmuwan terus giat berusaha menyelami makna-makna yang lebih dalam dari al-Quran. Bagi mereka yang tidak pandai menyelam, maka jangan sekali-kali meletakan kaki ke lautan, demikian juga untuk mereka yang sama sekali tidak menguasai metoda dan ilmu untuk memahami kitab suci ini, jangan sekali-kali memberanikan diri terjun ke lautan ini. Setiap orang hanya bisa memperoleh manfaat dari al-Quran sesuai kapasitas dirinya.

Semoga al-Quran ini akan menjadi mata pelajaran yagn sangat penting di hauzah-hauzah di universitas-universitas di masjid-masjid dan di mimbar-mimbar. Semoga bacaan al-Quran bukan hanya sekedar di jadikan pembuka acara, tapi acara itu sendiri sebagai pembuka untuk memahami al-Quran. Al-Quran mengatakan, Janganlah sekali-kali kamu mendekati shalat dalam keadaan mabuk supaya bisa faham apa yang ia baca.[10] Membaca memang jalan dan bukan akhir dari jalan itu.

Pentingnya Memperhatikan Peringatan Para Nabi Menurut Qiraati

Manusia adalah makhluk yang paling suka memperhatikan dirinya, tak peduli berapa banyak biaya dan waktu yang diperas habis demi dirinya. Karena saking cinta kepada dirinya ia akan berusah menjaga dirinya sademikian rupa sehingga bisa selamat dari segala bahaya. Anggaran pertahanan, anggaran kesehatan, rumah-rumah anti gempa dibangun, pakaian-pakaian anti pelurus dan kendaraan lapis baja semua untuk menjaga dan menyelamatkan dirinya. Padahal ada musuh besar yang lebih berbahaya bagi dirinya dan musuh itu tidak kelihatan seperti kebodohan, lalai, hawa nafsu, perasaan-perasaan yang kotor, godaan setan baik setan berbentuk manusia atau jin. Orang-orang yang selalu memberi peringatan adalah para nabi.

Marilah sekarang kita pikirkan, ada sebuah perumpamaan misalnya ada 1000 orang yang berangkat ke satu tempat dengan menggunakan kendaraan-kendaraan mereka. Polisi sudah memberi peringatan kepada mereka bahwa mungkin ada bahaya di depan sana dan karena itu mereka harus mempersiapkan diri. Sebagian penumpang membawa alat-alat yang diperlukan untuk berjaga-jaga, sebagian yang lain tidak membawa apa-apa. Seandainya di tengah-tengah jalan tidak terjadi apa-apa maka membawa peralatan itu sama sekali tidak merugikan mereka yang berbahaya adalah kalau terjadi sesuatu dan mereka tidak membawa alat-alat yang diperlukan maka barulah mereka sadar betapa pentingnya sekarang alat-alat tersebut.

Sekarang marilah kita renungkan tentang diri kita, manusia-manusia di dunia ini sedang menempuh sebuah perjalananan menuju Allah Swt memberi peringatan kepada kita melalu para nabi dan rasul-Nya. Bahwa setela mati kita akan dihidupkan lagi, akan ada perhitungan semua amal perbuata akan ada dibalas dengan siksaan atau dibalas dengan pahala. Perjalanan kamu ini sangat berbahaya kalian harus membawa perbekalan jangan membawa barang-barang yang dilarang, Awasi kecepatan kalaian dan dengarkan peringatan para ulama. Masyarakat yang mendengar peringatan ini terbagi menjadi dua bagian. Ada golongan yang mau berhati-hati dengan melaksanakan salat, membayar khumus dan zakat, infak dan sedekah mereka menghindari dosa dan tidak memakan hal-hal yang diharamkan dan membawa bekal ketakwaan tetapi ada kelompok lain yang malah takabur, memperturutkan hawa nafsu, tidak mau beriman tidak melaksanan salat dan membela hak-hak orang miskin dan malah hjidup..........kemudian kita perhatikan apa yang terjadi di akhir dari kehidupan mereka Kita akan mengatakan kepada golongan yang melawan bahwa kalaupun seandainya hari kiamat itu tidak akan terjadi maka kita lihat- orang-orang yang bertakwa mereka melalukan salat beberapa menit membantu orang-orang fakri merka teura melakukanpausa sekali dalam setahun dan dan kakau mereka mampu mereka akan pergi ke haji maka apakah hal-hal itu merugikan? Kelompok in iseperti para pemilii kendaaraan yang membawa ala-alat yagn diperlukan tapi kemduain ternyata mereka tidak memerlukannya.

Namaun kalau hari kiamat memang terjadi (yang bisa dibuktikan dengan ribuah dalil) maka orang-orang yang tidak mau mengikuti perintah Allah dan tidak mau mendengarkan peringatan-peringatannya, tidak mau beriman, tidak mau melaksanakan salat, tidak mau mengeluarkan zakat, tidak mau bertakwa dan tidak beramal saleh akan menghadap kepada Allah dengan tangan kosong, lalu apa yang bisa mereka lakukan saat itu?

Akal sehat mengatakan seperti hal nya ketika orang-orang pintar mempersiapkan diri untuk menghadapi musuh-musuh bayangan dengan mempersiapkan senjata dan anggaran-anggaran. Kalaupun perang itu tidak terjadi maka persiapan itu juga tidak ada ruginya, tapi kalau perang terjadi sementara mereka tidak memiliki persiapan maka sungguh kecelakaan bagi mereka.

Salah satu mandat terpenting para nabi adalah memberitahukan sebuah bahaya besar dan di sepanjang masa Allah Swt tidak pernah tidak memberitahukan bahaya ini kepada semua umat. Jadi manusia memang jangan pernah main-main dengan ancaman dari para pengancam yang tidak pernah berdusta ini

Sungguh pasti berlaku perkataan (Hukuman) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman.(QS. Yasin :7)

Sungguh kami telah memasang belenggu di leher mereka dan dibelakang mereka (diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah.(QS. Yasin : 8)

Keharusan memperlakukan al-Quran dengan cara yang baik

30. Dan Rasul akan berkata (pada Hari itu): “Wahai Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Qur’an ini diabaikan.”

Tafsir:

Ya Allah! Manusia telah meninggalkan Al-Qur’an suci.

Karena ayat-ayat sebelumnya menyebutkan berbagai macam dalih dari kaum musyrik dan orang-orang kafir yang keras kepala, maka ayat ini menyebutkan keluhan Nabi Saaw tentang prilaku kelompok ini terhadap Al-Qur’an. Ayat di atas mengatakan:

Dan Rasul akan berkata: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Qur’an ini diabaikan.”

Keluhan Nabi Saaw ini masih didengar. Beliau mengeluh kepada Allah bahkan tentang sekelompok besar kaum Muslim yang telah mengabaikan Al-Qur’an suci yang merupakan rahasia kehidupan, sarana keselamatan, faktor kemenangan, perkembangan dan gerakan dan yang penuh dengan program-program kehidupan. Mereka telah mengabaikan kitab ini dan mengemis kepada orang-orang lain untuk memperoleh hukum perdata dan pidana mereka!

Jika Anda mempelajari situasi bangsa-bangsa di negeri-negeri Islam, terutama mereka yang secara budaya berada di bawah kendali negara-negara Barat atau Timur, Anda akan melihat bahwa Al-Qur’an telah diubah menjadi buku upacara di kalangan mereka. Hanya kata-katanya saja yang disiarkan dengan manisnya oleh beberapa pembicara dan terlihat di dinding-dinding masjid sebagai hiasan arsitektur. Ia digunakan untuk memberkati rumah yang baru, melindungi orang yang melakukan perjalanan dan untuk menyembuhkan orang sakit, atau paling-paling dibaca untuk memperoleh pahalanya.

Bahkan apabila beberapa orang berargumen dengan menggunakan Al-Qur’an suci, tujuannya adalah untuk membuktikan penilaian mereka dengan bantuan ayat-ayatnya, sementara penafsirannya disesuaikan dengan pendapat pribadi mereka.

Di beberapa negeri Islam, terdapat sekolah-sekolah besar yang dinamai ‘Sekolah Menghapal Al-Qur’an Suci’. Di sekolah-sekolah ini anak-anak laki-laki dan perempuan dilatih menghapalkan Al-Qur’an, sementara pikiran mereka terkadang dipengaruhi oleh negeri-negeri Barat dan Timur, dan hukum-hukum mereka dipinjam dari negara-negara non-Islam, sedangkan Al-Qur’an hanya digunakan untuk menutupi tindakan-tindakan mereka yang salah.

Ya, dewasa ini Nabi saaw juga berteriak: “Wahai Tuhanku! Sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Qur’an ini diabaikan.”

Al-Qur’an diabaikan dari segi isi, pemikiran dan program-program reformasinya.

Beberapa hal untuk diperhatikan:

1. Ayat yang mulia ini merujuk kepada keluhan Nabi Saaw, dan karena beliau adalah ‘rahmat bagi dua dunia’, maka beliau tidak mengutuk.

2. Imam Ridha as berkata: “Alasan mengapa kita membaca Al-Qur’a, suci dalam shalat ialah agar kita memberikan perhatian kepada Al-Qur’an.”

3. Sebuah hadis menganjurkan agar kita membaca 50 ayat Al-Qur’an setiap hari, dan tujuannya bukanlah agar cepat-cepat sampai ke ujung Surat. Bacalah dengan pelan-pelan dan pukullah hati Anda dengan membaca Al-Qur’an. Manakala Anda dikelilingi oleh godaan-godaan, sebagaimana malam meliputi Anda, berpalinglah kepada Al-Qur’an.1

4. Di sini layak disebutkan beberapa pengakuan dari bebarapa orang besar tentang Al-Qur’an suci, bagaimana ia diabaikan:

A) Mulla Sadra (semoga ruhnya disucikan) mengatakan dalam pendahuluan untuk Surat Al-Waqi’ah: Aku membaca buku-buku dari banyak filsuf sehingga aku mengira bahwa aku mengetahui semua hal dan aku telah menjadi orang yang penting. Tetapi ketika aku mulai meninjau sedikit dari situasi-situasi yang sebenarnya, aku menemukan bahwa aku tidak memiliki pengetahuan yang sebenarnya. Pada akhir masa hidupku, aku mulai merenungkan isi Al-Qur’an Suci dan riwayat-riwayat dari Nabi Saaw dan keluarganya. Aku menjadi yakin bahwa apa yang telah kulakukan hingga saat itu tidaklah berdasar. Sebab selama aku hanya berdiri di bawah bayang-bayang saja dan bukannya dalam sinaran cahaya. Aku menjadi betul-betul sedih, dan kemudian anugerah Ilahi dilimpahkan kepadaku dan aku menjadi akrab dengan rahasia-rahasia Al-Qur’an Suci dan aku mulai menafsirkan dan merenungkan Al-Qur’an. Aku mengetuk pintu wahyu sampai tabir-tabir diangkat dan pintu-pintu dibuka dan aku melihat malaikat-malaikat berkata kepadaku: “... Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu! Kamu adalah manusia yang baik. Karena itu masuklah ke dalamnya untuk berdiam di dalamnya (selama-lamanya).12

B) Fayz Al-Kasyani (semoga ruhnya disucikan) berkata: Aku menulis buku-buku dan risalah-risalah serta melakukan penelitian. Tetapi tak satupun dari karya-karyaku itu yang bisa mengobati rasa sakitku, dan aku tidak menemukan air untuk memuaskan dahagaku. Aku menjadi khawatir tentang diriku, dan aku berpaling kepada Allah dan bertaubat sehingga Allah membimbingku melalui perenungan terhadap Al-Qur’an dan hadis-hadis.3

C) Imam Khumayni (semoga ruhnya disucikan) mengatakan bahwa beliau menyesal bahwa beliau tidak menghabiskan seluruh hidupnya untuk Al-Qur’an suci, dan beliau menasehatkan siswa-siswa di pesantren-pesantren agar menjadikan Al-Qur’an dan berbagai dimensinya sebagai tujuan ultimat dalam semua pelajaran, agar di akhir hidup mereka, mereka tidak menyesali masa muda mereka.4

D) Hubungan manusia dengan kitab suci haruslah kekal dan dalam semua aspek, sebab kata ‘Hijr’ digunakan manakala ada hubungan di antara manusia dengan sesuatu. (Mufradat oleh Raghib). Jadi kita harus berusaha sebisa-bisanya untuk memberikan perhatian kepada Al-Qur’an suci dan menjadikannya sebagai landasan ilmiah dan praktis kita dalam semua dimensi kehidupan agar supaya Nabi suci Saaw menjadi puas.

F) Meninggalkan praktek membaca Al-Qur’an, lebih mengutamakan buku-buku lain daripada Al-Qur’an suci, tidak menjadikannya sebagai poros, tidak merenungkan isinya, tidak mengajarkannya kepada orang lain, dan tidak menerapkannya dalam praktek, merupakan perluasan dari arti ‘mengabaikan Al-Qur’an.’ Bahkan orang yang mempelajari Al-Qur’an tetapi tidak memberikan perhatian kepadanya dan tidak merasa bertanggungjawab terhadapnya, berarti telah melalaikan Al-Qur’an.1

Copi paste bab 15

و طريقه آشنا نمودن آنان با عقايد ديني ، استفاده از آيات قرآن و داستان ها و مثال هاي بسيار ساده آن است . (168)
خداي متعال از انسان ها در روز قيامت به اندازه عقل هايشان حسابرسي مي كند;
((
انّما يداق ّ الله العباد في الحساب يوم القيامه علي قدر ما آتاهم من العقول من الدّنيا)) (169)
ايمان ده درجه دارد و درجات ايمان افراد، متفاوت است

. رسول گرامي اسلام (ص ) با هر يك از ياران خود به اندازه ايمانشان سخن مي گفت . سلمان از ده درجه ايمان ، همه را دارا بود، ابوذر نه درجه و مقداد هشت درجه داشت (170) . به همين دليل گفته شده كه آنچه را سلمان مي دانست اگر ابوذر مي دانست سلمان را تكفير مي كرد زيرا كشش آن مطالب را نداشت (171) .

rasulullah berbicara kepada setiap sahabatnya dengan perkataan yang berbeda-beda sesuai level keimanan mereka. Salman misalnya memiliki berada , iman salman ada dalam derajat 10, abu dzar 9 derajat dan Miqdad 8 derajat karena itu ilmu Salman jika diketahui oleh Abu dzar Salman akan dikafirkan oleh Abu dzar jika ilmu salman di ketahui oleh Abu dzar, sebab ia tidak memiliki energi atau kekuatan untuk menanggungnya.

با دقت در قرآن و روايات صدها نمونه از تناسب موضوع با مخاطب را مي بينيم . لقمان (ع

) به فرزند خود در كنار فرمان به نماز، به امر به معروف و نهي از منكر دستور مي دهد در حاليكه معمولا در كنار نماز، زكات مطرح است و اين به خاطر آن است كه نوجوان معمولا مالي

ندارد تا فرمان زكات به او داده شود.

Lukman ketika menyuruhnya anak-anaknya melaksanakan salat ia jugamenyuruhnya agar melakukan amamr makruf nahi munkar, padahal biasnaya setelah perintah salat keluar perintah zakat, namuan lukman tahu karena anak-anak umumnya belum mmeiliki harata, maka ia tidak memerintahkan zakat.


قرصي كه بعنوان داروي كودكان ساخته مي شود، هم كوچك تر است و هم قشنگ و شيرين تر تا كودك كه به فلسفه دارو آگاه نيست به خوردن آن ميل پيدا كند.
مراعات تناسب در سخن يك ضرورت است . امام (ع) در دعاي خود براي هر صنفي دعاي خاصي مي كند. براي علما وقار و سكينه ، براي زنان حيا و عفت ، براي رزمندگان شجاعت ، براي تجار سخاوت ، براي فقيران صبر و...

Imam ali juga dalam doanya ia memberikan doa untuk setiap kelompok meminta permintaa tertetentu untuk setiap kelompok. Mislnuya kewibaan untuk para ulama, rasa malu untuk kaum perempuan, keberanian untuk par apejkuang dan kekayaan untuk orang kaya dan kesabaran untuk orang-orang miskin.


چه زشت است اگر در مجلس ترحيم يك عالم رباني ، روايات علماي بد بيان شود. يادم نمي رود كه يكي از دانشمندان بزرگ از دنيا رفت و در جلسه ختم او گوينده اي درباره ارزش علم سخنراني مي كرد و مي گفت : علم به قدري ارزش دارد كه اگر سگ هم تحت تعليم قرار گيرد و حيواني را شكار كند مصرف آن حيوان حلال است بنابراين علم به سگ هم ارزش مي دهد!!.
جعفر طيار نماينده رسول خدا (ص ) و سخنگوي هيئت تبليغي ، وقتي مي خواست اسلام را بر

Alangkah jeleknya kalau di majlis tarhim, disampaikan riwayat-riwayat tentang ulama yang buruk, saya tidakpernah melupakan sebuah peristiwa ketika salah seorang alim besar meninggal dunia. Seornag ulama kemudian diundang utnuk berbicara di majlis khatm al-Quran tentang ilmu. Ia mengatkaan bahwa ilmu itu sangatlah penting dan sangat penting sekali seandaingu anjing diajarkan ilmu dan ia memburu seekor hewan maka hewan itu menjadi halal, maka itu itu memberi nilai kepada anjing tersebut!

حاكم ((حبشه )) كه مسيحي بود عرضه كند سوره مباركه مريم را خواند و نظر اسلام را درباره پاكدامني مريم و موقعيت حضرت عيسي (ع) روشن ساخت . (172) كه نمونه اي از سخن گفتن بر مقتضاي حال است .
نوع سخن و حتي لحن كلام نيز در مورد افراد مختلف فرق مي كند بطوري كه قرآن در برخورد با بت پرستان لجوج و جاهل با تندي سخن مي گويد و معبودهايشان را سست تر از تارهاي عنكبوت معرفي مي كند ولي با اهل كتاب ملايم تر است زيرا بخشي از دستورهاي انبيا و كتب آسماني را شنيده و آمادگي بيشتري براي برخورد منطقي داشتند. حالات روحي افراد نيز تفاوت دارد كه در هنگام سخن گفتن بايد به اين مطلب توجه داشت . علي (ع) مي فرمايد:
(
ان ّ للقلوب شهوه اقبالا و ادبارا فائتوها من قبل شهوتها و اقبالها) (13) ((گاهي قلب ها آمادگي روي آوردن به حق را دارند و گاهي آمادگي ندارند و پشت مي كنند پس از حالت اشتياق و اقبال آنها استفاده كنيد.))
مبلغ بايد بداند كه در حالت عدم آمادگي قلب ، سخنانش بي تاثير خواهد بود و اگر در اين حالت سخني بر قلب تحميل شود كور مي شود; (ان ّ القلب اذا اكره عمي ) (174)
سخن بايد مناسب با موقعيت باشد كه در غير اين صورت همچون گريه در عروسي و خنده در عزاست كه عملي زشت و ناپسند است ; (ليس من الادب اظهار الفرح عند المحزون ) (175)

تناسب سن و سخن-16
گاهي سخن ، كلام حقي است ولي از افراد كم سن ، خريدار ندارد. مثل آنكه طلبه اي جوان و مجرد در جلسه زنانه ، درباره ازدواج و صيغه ، سخن بگويد. يا آنكه واعظي در مجلس ترحيم يك پيرمرد روضه علي اصغر بخواند. توجه به محتوا و محيط و سن و سواد از اصول مهم تبليغ است .

Kadang-kadang sebuah ucapana memang benar dan harus disampaikan tettapi ia tidak erlaku untuk anak-anak seperti seorang anak muda dan seorang bujangan yang berbicara tentang pernikahan atau ia memberi nasihat kepada seonrag tua .
ساده و آسان-17
يكي از راه هاي جذب مردم ساده گويي است . خداوند متعال براي توجه مردم به حقايق قرآن آن را به زبان رسول گراميش (ص ) ساده نمود;
(
فانّما يسّرناه بلسانك لعلّهم يتذكرون ) (176)
((
ما قرآن را به زبان تو اي رسول آسان كرديم ، اميد است كه مردم ، حقايق آن را متذكر شوند.))
اين آيه چهار بار در سوره قمر تكرار شده است :
(
و لقد يسّرنا القرآن للذّكر فهل من مدّكر) (177)
((
و قرآن را براي پند گرفتن آسان نموديم ، آيا پند گيرنده اي هست ?.))
بسيار روشن است كه استفاده از كلمات سنگين و جملات پيچيده از تاثير آن مي كاهد زيرا بسياري از مردم با اينگونه كلمات بيگانه اند. سخن گفتن به زبان مردم و با سادگي كامل رمز موفقيت رهبران الهي در جذب آنان به سوي دين خدا بوده است كه مصداق روشن آن در عصر كنوني امام خميني 1 بودند. ايشان كه با سخنان ساده و پر محتواي خود قلب ميليون ها انسان را شيفته خود ساختند. و اين درسي بود كه آن بزرگوار از جد والا مقامشان رسول گرامي (ص ) گرفته بودند كه خداي بزرگ در حق او مي فرمايد:
(
وما علي الرّسول الاّ البلاغ المبين ) (178) ((وظيفه پيامبر تبليغ روشن است .))
امام صادق (ع) فرمود: براي عالم هشت آفت است كه يكي از آنها ((والتكلف في تزيين الكلام بزوائد الالفاظ)) است (179) . يعني براي زيبا نمودن كلام ، با استفاده از الفاظ زايد، خود و ديگران را به زحمت بيندازد.
البته بايد توجه داشت كه ساده گويي غير از سست گويي و بي محتوا سخن گفتن است .
مبلغ بايد از خداي خود بخواهد گره از زبانش بگشايد و او را بر ساده گويي توانا سازد. همانند حضرت موسي (ع) كه در آغاز تبليغ ، چنين از خدا در خواست نمود;
(
رب ّ اشرح لي صدري و يسّرلي امري و احلل عقده من لساني يفقهوا قولي ) (180)
((
خدايا! سينه ام را وسعت ده (تحملم را زياد كن ) و كارم را آسان ساز و گره از زبانم بگشاي تا مردم سخنم را بفهمند.))

شيوا و رسا-18
فصاحت ، يعني شيوايي بيان و بلاغت ، يعني رسايي و موثر بودن آن . در عين حال كه ساده بودن سخن مورد تاكيد است ، شيوايي و رسايي كلام نيز لازم است . چنانكه فصاحت و بلاغت قرآن كريم ، مورد قبول دوست و دشمن بوده و يكي از ابعاد اعجاز قرآن به شمار مي آيد. رسول گرامي اسلام (ص ) نيز كه الگوي مبلغان است در فصاحت و بلاغت چنان بود كه مردم مي گفتند: اي رسول خدا! ما كسي را فصيح تر

Copi paste joygoh tablig

مبلغ اگر به گفته هاي خود عمل نكند همانند لوله هاي فلزي و سيماني است كه آب را از سرچشمه به مردم مي رساند ولي چيزي از آن آب در خود او اثر نمي كند!.
در روايات مي خوانيم : از بزرگترين حسرت هاي قيامت آن است كه انسان ببيند گروهي در اثر تبليغ و ارشاد او به بهشت راه يافته اند ولي خودش بخاطر آنكه به گفتارش عمل نكرده ، راهي دوزخ گرديده است .

جايگاه تبليغ

تبليغ چيست ؟
((تبليغ ))، رساندن پيام است ، با استفاده از ابزار مناسب و موثر. در جهان امروز، براي جذب انسان ها به افكار و عقايد مختلف تبليغات وسيعي صورت مي گيرد و صاحبان مكاتب برآنند تا با استفاده از تبليغ مناسب ، مردم را پيرو خويش سازند و انديشه هاي خود را بر آنان تحميل كنند.
اما در اسلام ، مراد از تبليغ ، آشنا نمودن مردم با احكام اسلامي و معارف الهي و بشارت دادن مومنان و انذار و هشدار مخالفان است . در قرآن كريم براي تبليغ ، كلمات ((انذار))، ((بلاغ))، ((تبشير))، ((تخويف ))، ((هدايت ))، ((ارشاد))، ((دعوت )) و ((امر به معروف و نهي از منكر)) آمده است كه هر يك به بعدي از ابعاد تبليغ ، اشاره دارد.
بلاغ
(
الذين يبلغون رسالات الله و يخشونه و لايخشون احدا الا الله ) (37)
((...
آنان كساني هستند كه رسالت هاي الهي را مي رسانند و از خدا مي ترسند و از هيچكس جز او نمي ترسند.))
انذار و تبشير
(
و ما ارسلناك الا مبشرا و نذيرا) (38)
((
و ما تو را نفرستاديم مگر بعنوان بشارت دهنده و ترساننده .))
تخويف
(
و ما نرسل بالايات الا تخويفا) (39)
((
و ما معجزات و آيات را تنها براي اين مي فرستيم كه مردم از خدا بترسند.))
هدايت و ارشاد
(
يهدي الي الرشد فامنا به ) (40)
((
قرآن به خير و صلاح هدايت مي كند، بنابراين به آن ايمان آورديم .))
دعوت
(
قال رب اني دعوت قومي ليلا و نهارا) (41)
((
نوح گفت : خدايا من شب و روز قومم را دعوت كردم .))
امربه معروف ونهي از منكر
(
يائمرون بالمعروف و ينهون عن المنكر) (42)
((
مردان و زنان با ايمان به نيكي دستور مي دهند و از زشتي باز مي دارند.))

قلمرو و مراحل تبليغ
دايره تبليغ وسيع است ، از خود و بستگان شروع مي شود و در نهايت همه افراد بشر را در برمي گيرد.
خداوند، در آغاز نهضت مقدس اسلام ، از رسول اكرم (ص )
مي خواهد كه بپاخيزد، پروردگارش را بزرگ شمرد و لباسش را پاك و از پليدي دوري كند: (قم فانذر و ربك فكبر و ثيابك فطهر و الرجز فاهجر) (43)
بنابراين اولين مرحله انذار، مربوط به خود رسول خداست . در آياتي از قرآن ، شخص پيامبر مورد خطاب است مانند (اذْكر) (44) ((بيادآر))، (سبح ) (45) ((تسبيح گوي ))، (كبر) (46) ((خدا را بزرگ شمار)). پس از اين مرحله ، نوبت به انذار خانواده مي رسد:
(
قل لازواجك و بناتك و نساء المؤمنين ) (47)
((
به همسران و دخترانت و زنان مومنان بگو.))
مرحله بعد، انذار خويشاوندان است :
(
و انذر عشيرتك الاقربين ) (48) ((خويشان نزديك خود را انذار كن .)) و سپس اهل منطقه و شهر:
(
لتنذر ام القري و من حولها) (49)
((
تا انذار كني اهل مكه و كساني را كه در اطراف آن هستند.))
و سرانجام همه مردم دنيا:
(
نذيرا للبشر) (50)
((
اين قرآن براي انذار همه افراد بشر است .))
بنابراين ، كسي در تبليغ موفق خواهد بود كه ابتدا كمالاتي در خود، بوجود آورده باشد، سپس فرزند و همسر و بستگان خود را اصلاح كرده باشد و آنگاه به ارشاد مردم بپردازد.

ضرورت تبليغ
اكنون كه كفار براي نابودي اسلام متحد شده و قصد دارند تا با استفاده از ابزارهاي تبليغي ، مردم مسلمان را از راه مستقيم منحرف سازند و آنان را از اعتقاداتشان جدا كنند، چه كسي ضرورت تبليغ و لزوم استفاده از روش هاي صحيح تبليغي را براي دفاع در مقابل اين هجوم فرهنگي انكار مي كند?.
با استفاده از سلاح برنده تبليغ است كه نقشه هاي شوم جهان خواران نقش بر آب و توطئه هاي شيطاني آنان خنثي مي شود.
اگر مبلغان فداكار و با اخلاص ، در طول تاريخ ، بار سنگين پيام رساني و آگاه نمودن مردم مسلمان را بر دوش نمي كشيدند در اين زمان ، پرچم ((لا اله الا الله و محمد رسول الله )) در مناطق مختلف جهان برافراشته نبود.
بنابراين ترديدي در ضرورت تبليغ نيست و بايد با توكل به خدا و با اراده اي استوار، مخلصانه در اين راه بزرگ قدم گذاريم كه خداي متعال در قرآن كريم مي فرمايد:(و لتكن منكم امه يدعون الي الخير و يامرون بالمعروف و ينهون عن المنكر) (51)
((
از ميان شما مسلمانان بايد گروهي باشند كه مردم را به خير دعوت كنند و به نيكي دستور دهند و از بدي باز دارند.))
بي توجهي به مساله تبليغ ، قهر الهي را بدنبال خواهد داشت . (لعن الذين كفروا من بني اسرائيل علي لسان داوود و عيسي بن مريم ذلك بما عصوا و كانوا يعتدون كانوا لا يتناهون عن منكر فعلوه ) (52) ((كافران بني اسرائيل بوسيله داوود و عيسي بن مريم لعنت شدند زيرا از حكم حق سركشي كرده و به حقوق ديگران تجاوز مي نمودند و يكديگر را از اعمال زشت باز نمي داشتند.))
ميزان ضرورت هر حركتي در زمان هاي مختلف فرق دارد. پيش از تولد انقلاب شكوهمند اسلامي ، زماني كه قدرت دين مقدس اسلام ، بعنوان يك مكتب ضد استكبار و ظلم روشن نشده بود، هجوم فرهنگي كافران و مستكبران نيز شدت زيادي نداشت بنابراين ، ضرورت بكارگيري همه نيرو و توان مسلمانان در مقابل اين يورش احساس نمي شد. اما امروزه ، دشمن به قدرت اسلام پي برده و بر شدت حملات خود افزوده است بنابراين ما نيز بايد توان خويش را بالا ببريم و از ه



[1] Al-Mufradat fi Gharib al-Quran, hal 65

[2] Majma al-Bayan fi tafsir al-Quran Thabarsi juz 9 :19

[3] Kanzul Ummal,Muttaqi Hindi juz 4: h: 468

[4] Idem

[5] Tafsir yang dinisbahkan kepada Imam Hasan Askari hal: 339 juz 215

[6] At-Tafsir hal 342 juz 219

[7] Hadis dan wilayat juz 7 hal: 210

[8] Tablighat satu terma dalam lingkaran budaya

[9] Nahjul Balaghah,Khutbah 198.

[10] QS An-Nisa : 43

1 Nuruts Tsaqalain.

1 Surat Az-Zumar (No. 39) ayat 73.

2 Pengantar untuk tafsir Surat Al-Waqi’ah.

3 Risalatul Inshaf.

4 Sahifah Nur, Jil. 20, hal. 20.

1 Al-Munir, dalam tafsir tentang ayat di atas.


[u1]Ayat verapa?

[u2]Syi’b???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kamus filsfat

skcism barat

celoteh dan filsafat barat