akhlak baik dan buruk
Akhlak yang buruk
Suatu kondisi kejiwaan yang tidak seimbang karena mengikutisifat-sifat buruknya. AKhlak yang buruk membawa pengaruh yang negatife dan kadang-kadang mengkhawatirkan Alah sendiri misalnya menyebutkan salah satu pengaruh buruk itu kepada rasulnya. “Kalau engkau memiliki hati yang keras maka orang-orang akan meninggalkanmu.”
Mengingat pengaruh yang sangat merugikan itu maka tidak heran kalau akal dan juga naql selalu naql juga banyak
Untuk mengantisipasi pengaruh buruk itu banyak riwayat yang mengingatkan manusia akan dampat buruknya.
Hendaklah kalian berbuat peliharalah akhlak yangbaik karena itu akan mengantarkan ke surga dan itu sesuatu yang pasti dan jauhilah akhlak yang buruk karena itu tempatnya di neraka dan itu sudah pasti.
Allah merasa jengah untuk mengampuni orang yang memiliki akhlak yang buruk,Mengapa demikian wahai Rasulullah? Sebab jika ia bertobat dari satu dosa maka nantinya ia akan melakukan dosa yang lebih besar lagi.
Siapa yang buruk akhlaknya berarti telah menyiksa dirinya
Akhlak antara yang istiqamah dan yang tidak istiqamah
Seperti halnya badan fisik manusia kadang-kadang merasakan sakit dan lemah maka demikian juga dengan akhlaknya kadang-kadang menampakan kualitas penurunan ketika penyakit-penyakit tertenuy keitak mulai menggerogoti akhlak maka ia teplperlu mendaptaka penaganan sesuai dengan kadar penyakit yang menjangkitinya.
Fisik yang sakit perlu dirawat dan disembuhkan agar kembali segar demikian juga halnya akhlak yang sakit perlu diseh diusahakan agar sehat kembali
Jika akhlak tidak bisa diperbaiki maka berarti tidak ada artinya misi para nabi untuk mendidik dan mengajak kepada kebaikan jika manusi yang buruk tidak lagi diubah maa ia akan menjadi lebih buruk dari binatang, hewan masih mendingan dapat dijinakan denagn latihan seperti kuda yang liar misalnya bisa dilatih menjadi kuda yang jinak
Jadi akhla yang buurk harus dapat dibersihakn dari manusia sebab ia adalah makhluk zan gpaling mulia di jagat ini.
Ada beberapa hal zang menyebaban manusia terjangkiti menjadi manusia zang masam tidak menyisakan wajah yang ceria
1) kelemahan kaibat penyakit atau fisik yang sudah mulai uzur sehigga syararnza mulai tidak akut untuk menjadi mansia yang lembut dan sabar baik menyangkut masalaah dngna idirnz atau dalam bergaul dengan yang lain.
2) Kefakiran yang menciptakan rasa keputusan asaan dan kesedihan
3) Kekayaan karena seringkali mengubah diri yang penuh tawadu menjadi sombong dan menyeretnya untuk berfoya-foya.
Seorang penyair mengatakan
4) kedudukan kadang bias menggelincirkn sifat –sfiat baik seseornag
5) mengisolasi diri yang melahirkan sif rasa kekosongan dan minder sehingga ia menjadi kaku
Mengubah akhlak yang buruk
Menganalisa efek negatifnya dan ancaman dari allah
Banyak menelaah wasiat-wasiat kahlak yang ahlulbait
Mengurangi hasrat-hasrat liat dan mengalihkan keinginan-keinga untukerbauta buruk sebaik-baik jihad adlaah jihad melawan haw nafsu yang ada di dalam dirinya
Kejujuran
Yaitu mengataakan apa adanya tidak berdusta. Jujur adalah sifat yang mulia dan membawa keberkatan yagn penting, jujur adalah mele menyehatkan omongan d meluruskansikap dan jalan untuk mencapai kesuksesan. Al-Quran mengatakan
Dan orang-orang yang membawa kejujuran (Muhammad) dan orang yagn membenarkanya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa (QS az-zumar:33-34).
Hai ini kejujuran mereka akan menguntungkan orang-orang yangjujur dan mereka kaan mendapta danbagi mereka disedikan surga yang mengalir di bahwaya sungat-sungai
Wahai orang-orang yang breiman bertakwalah dan bergabunglah dnegna orang-oragn yang jujur
Imam
Janganlahkalian dibuat terpesona dengan salat dan puasa mereka karena bias jadi ia sudah terbata sehingag merasa sunyikalau meninggalakanya tapi ujilah orang dengan kejuur dan amanat! Kejujuran dan sikap amanahnya!
Sesiapa yang jujur lisanya maka bersih amalnya
Efek dari kejujuran (shidq)
Kehidupan sosial sangat ditunjang oleh aktifitas silaturahmi dan sikaa bersahabat dari masing-masing anggota masyarakat karena denang untuk mencaapi harapan-harapan yangbaikAritny abe sangatlah prijsp untuk selau menjaga sikap bersahabt salinag pengertian komunikasi yang sehat,saling tolong menolong satu sama saling dan teurmata menjaga kepercayaan
Salah satu
Bahasa adalah alat untuk mencapai kesefahaman. Bahasa yang jujur dan dusta akan mempengaruhi kualitas hubungan antar sesama. Lisan yang transparan tulus dalam mengungpakan apa yang ada di dalamhatinya maka lisan akan menjadi jalan dari segala kebenaran
Tapi lisan yang culas,menipu dan hianat akan mendorong keburukan-keburukan yang lain mengeruhkan suasana keakraban.
Masyarakat sangat membutuhkan ucapana-ucapan yang benar menggambarkan hakikat yang nyata
Jenis-jenis kejujuran
Kejujuran terlihat dalamucapan dan perbuatan. Kejujuran dalam ucapan adalah mengatkaan tentang hakikat sesuatu tnapa tambahn dan dusta. Kejujuran dalam perbuatan yaitu manifestai kata-kata dalam amal seperti amant dalam janji dsb. Kejujuruan dalam niat yaitu selau mempertahankan niat yang baik dan menghidupan dalam perbuatan
Dusta
Yaitu menyampikan informasi yang tidak sesuai dengan faktanya. Kedustaan adalah sifat bnuruk yang terburuk dan sumber bagi perbuatan dosa Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang yang musrif dan dusta, celakalah bagi sesungguhnya orang-orang yang mengadakan dusta adalah yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah dan mereka adalah para pendusta
Imam Bagir as berkata, Sesungguhnya Allah swt mengunci segala keburukan dan jalan dan menciptakan pembukanya perbuatan itu yaitu meminum minuman keras dan dusta lebih buruk dari minuman.
Ali bin Husain berkata kepada putranya hati-hatilah dari dusta baik ketika kecil atau sudah dewasa apakah untuk urusan yang penting atau main-main. Sebab jika seeorang berdusta kepada anak kecil ia akan berani pada anak dewasa dan apaakalai tidak tahu sesungguhnya rasulullah bersabda seseoagnyang selalu jujur akandicatat di sisi allah sebagai orang yang jujur dan orang yang selalu berdusta akandicata oleh allah sebagai pendusta
Rasululah berkata sewaktu haji terakhir banyak sekali dusta yang mengatas namakan diirku dan akan terus semakin banyak siapa yagn dengan sengaja berdusta atas namku maka ia akan menempat tempat duduknya di neraka jika kalian mendengar sebuah pembicarraan maka ujlah dengan kitabullah dan sunahku siapa yang sesuai dengan kitabulaj itulah amblah dan yang menentnag ktiab allah dansunaku janganlah didengar!
Keburukan dari sebuah dusta
Syariat mengharamkan dusta lantaran dan emengancam memberian ancama bagi pelakuny dnegan isksaan sebabb dusta mengandung pengaurh yang membahayakan efek itu adalah :
Mebaca pengaruah buruk bagi yang mendengar , menjatuhkan harga diri, merusakkepercayaan sipendusta tiakan dipercaya sekalipun berkata benar, persakisany atidak akanditerima
Menularkan rasa tidakpercaya kepada kawan-kawan yagn lain
Menyia-nyiakan waktu yang berharga
Dan merusak spiritualitas
Kebiasaan ada orang-orang yang enteng berkata dusta dengan alasan ketidaktahuan atau karena pengaruh lingkunan dan karena kelamaha karakter sehinga ia tumbuh bersama-sama akhlakburuk ini siapa yang
Tamak ini adalah dorongan untuk berbuat dusta
Permusuhan dan hasud
Macam-macam dusata
Sumpah dusta yaitujenis dusta paling mengerikan dan sangat membawa resiko jahat dan jenis kejahatan yang berkembang bisa menduplikaiskan dirinya ia jug seuat jenis kekurang ajara n kepada tuhan
Waspadialahsumpah dusta sbeab itu
Sumpah palsu
Ia jug atidk berbeda dengan yang diatas sangat merusak dan membahayakan ia isa menistakan hak-hakorang loan dan meniupkan kebejadan di tengah-tengah masyarakat al-quran dengan tegas melarang memberikan saksi palsu jauhilah kata-kata dusta!
Hilm kesabaran dan menahan amarah
Yaitu melatih ketelatenan jiwa dari rangsangan-rangsan kemarahan. Allah sendiri memuji para ahli hikmah yang bisa tidak bergeming atas celaan-celaan yagn menimpa dirinya dan ketika orang-orang bodoh itu mengata-ngatai mereka mereka malah membalasnya dengan salam dan orang-orang yang mengekang diri dari kemarahan dan suka memaafkan manusia dan allah itu mencintai orang-orang yang berbuat baik
Imam Bagir as berkata, Sesungguhnya Alah emnictai orang yang aktif dan penyabar
Imam Ali as perndah mendengar seseorang yang mencaci Qunbur ia berkata selamt wahai Qunbut biarkan ia mencacimu kaerna engkau membuat ridah tuhan dan membuat benci setean semi yang mencitpabiji tidak ada yang lebih diridhai tuhan ketimbang
Balasan yang pertama bagi si sabar karena kesabarannya adalah orang-orang akan menjadi penolongnya dari (sikap usil) si bodoh.
Imam Shadiq as berkata ketika dua orang saling bertengkar turunlahdua malaikat keduanya berkata kepada yagn bodoh engkau memang ahlinya dan engkau akan diganjar sesuai dengan apa yang engkau omongkan dan berkata kepada si sabar engakau telah sabar dan mengekang diir engakau akan diampuni jika engkau terus menyempurnakanya tapi jikga si baasr membalasnya maka kedua malaiakt itu naik lagi ke atas.
Suatu kondisi kejiwaan yang tidak seimbang karena mengikutisifat-sifat buruknya. AKhlak yang buruk membawa pengaruh yang negatife dan kadang-kadang mengkhawatirkan Alah sendiri misalnya menyebutkan salah satu pengaruh buruk itu kepada rasulnya. “Kalau engkau memiliki hati yang keras maka orang-orang akan meninggalkanmu.”
Mengingat pengaruh yang sangat merugikan itu maka tidak heran kalau akal dan juga naql selalu naql juga banyak
Untuk mengantisipasi pengaruh buruk itu banyak riwayat yang mengingatkan manusia akan dampat buruknya.
Hendaklah kalian berbuat peliharalah akhlak yangbaik karena itu akan mengantarkan ke surga dan itu sesuatu yang pasti dan jauhilah akhlak yang buruk karena itu tempatnya di neraka dan itu sudah pasti.
Allah merasa jengah untuk mengampuni orang yang memiliki akhlak yang buruk,Mengapa demikian wahai Rasulullah? Sebab jika ia bertobat dari satu dosa maka nantinya ia akan melakukan dosa yang lebih besar lagi.
Siapa yang buruk akhlaknya berarti telah menyiksa dirinya
Akhlak antara yang istiqamah dan yang tidak istiqamah
Seperti halnya badan fisik manusia kadang-kadang merasakan sakit dan lemah maka demikian juga dengan akhlaknya kadang-kadang menampakan kualitas penurunan ketika penyakit-penyakit tertenuy keitak mulai menggerogoti akhlak maka ia teplperlu mendaptaka penaganan sesuai dengan kadar penyakit yang menjangkitinya.
Fisik yang sakit perlu dirawat dan disembuhkan agar kembali segar demikian juga halnya akhlak yang sakit perlu diseh diusahakan agar sehat kembali
Jika akhlak tidak bisa diperbaiki maka berarti tidak ada artinya misi para nabi untuk mendidik dan mengajak kepada kebaikan jika manusi yang buruk tidak lagi diubah maa ia akan menjadi lebih buruk dari binatang, hewan masih mendingan dapat dijinakan denagn latihan seperti kuda yang liar misalnya bisa dilatih menjadi kuda yang jinak
Jadi akhla yang buurk harus dapat dibersihakn dari manusia sebab ia adalah makhluk zan gpaling mulia di jagat ini.
Ada beberapa hal zang menyebaban manusia terjangkiti menjadi manusia zang masam tidak menyisakan wajah yang ceria
1) kelemahan kaibat penyakit atau fisik yang sudah mulai uzur sehigga syararnza mulai tidak akut untuk menjadi mansia yang lembut dan sabar baik menyangkut masalaah dngna idirnz atau dalam bergaul dengan yang lain.
2) Kefakiran yang menciptakan rasa keputusan asaan dan kesedihan
3) Kekayaan karena seringkali mengubah diri yang penuh tawadu menjadi sombong dan menyeretnya untuk berfoya-foya.
Seorang penyair mengatakan
4) kedudukan kadang bias menggelincirkn sifat –sfiat baik seseornag
5) mengisolasi diri yang melahirkan sif rasa kekosongan dan minder sehingga ia menjadi kaku
Mengubah akhlak yang buruk
Menganalisa efek negatifnya dan ancaman dari allah
Banyak menelaah wasiat-wasiat kahlak yang ahlulbait
Mengurangi hasrat-hasrat liat dan mengalihkan keinginan-keinga untukerbauta buruk sebaik-baik jihad adlaah jihad melawan haw nafsu yang ada di dalam dirinya
Kejujuran
Yaitu mengataakan apa adanya tidak berdusta. Jujur adalah sifat yang mulia dan membawa keberkatan yagn penting, jujur adalah mele menyehatkan omongan d meluruskansikap dan jalan untuk mencapai kesuksesan. Al-Quran mengatakan
Dan orang-orang yang membawa kejujuran (Muhammad) dan orang yagn membenarkanya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa (QS az-zumar:33-34).
Hai ini kejujuran mereka akan menguntungkan orang-orang yangjujur dan mereka kaan mendapta danbagi mereka disedikan surga yang mengalir di bahwaya sungat-sungai
Wahai orang-orang yang breiman bertakwalah dan bergabunglah dnegna orang-oragn yang jujur
Imam
Janganlahkalian dibuat terpesona dengan salat dan puasa mereka karena bias jadi ia sudah terbata sehingag merasa sunyikalau meninggalakanya tapi ujilah orang dengan kejuur dan amanat! Kejujuran dan sikap amanahnya!
Sesiapa yang jujur lisanya maka bersih amalnya
Efek dari kejujuran (shidq)
Kehidupan sosial sangat ditunjang oleh aktifitas silaturahmi dan sikaa bersahabat dari masing-masing anggota masyarakat karena denang untuk mencaapi harapan-harapan yangbaikAritny abe sangatlah prijsp untuk selau menjaga sikap bersahabt salinag pengertian komunikasi yang sehat,saling tolong menolong satu sama saling dan teurmata menjaga kepercayaan
Salah satu
Bahasa adalah alat untuk mencapai kesefahaman. Bahasa yang jujur dan dusta akan mempengaruhi kualitas hubungan antar sesama. Lisan yang transparan tulus dalam mengungpakan apa yang ada di dalamhatinya maka lisan akan menjadi jalan dari segala kebenaran
Tapi lisan yang culas,menipu dan hianat akan mendorong keburukan-keburukan yang lain mengeruhkan suasana keakraban.
Masyarakat sangat membutuhkan ucapana-ucapan yang benar menggambarkan hakikat yang nyata
Jenis-jenis kejujuran
Kejujuran terlihat dalamucapan dan perbuatan. Kejujuran dalam ucapan adalah mengatkaan tentang hakikat sesuatu tnapa tambahn dan dusta. Kejujuran dalam perbuatan yaitu manifestai kata-kata dalam amal seperti amant dalam janji dsb. Kejujuruan dalam niat yaitu selau mempertahankan niat yang baik dan menghidupan dalam perbuatan
Dusta
Yaitu menyampikan informasi yang tidak sesuai dengan faktanya. Kedustaan adalah sifat bnuruk yang terburuk dan sumber bagi perbuatan dosa Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang yang musrif dan dusta, celakalah bagi sesungguhnya orang-orang yang mengadakan dusta adalah yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah dan mereka adalah para pendusta
Imam Bagir as berkata, Sesungguhnya Allah swt mengunci segala keburukan dan jalan dan menciptakan pembukanya perbuatan itu yaitu meminum minuman keras dan dusta lebih buruk dari minuman.
Ali bin Husain berkata kepada putranya hati-hatilah dari dusta baik ketika kecil atau sudah dewasa apakah untuk urusan yang penting atau main-main. Sebab jika seeorang berdusta kepada anak kecil ia akan berani pada anak dewasa dan apaakalai tidak tahu sesungguhnya rasulullah bersabda seseoagnyang selalu jujur akandicatat di sisi allah sebagai orang yang jujur dan orang yang selalu berdusta akandicata oleh allah sebagai pendusta
Rasululah berkata sewaktu haji terakhir banyak sekali dusta yang mengatas namakan diirku dan akan terus semakin banyak siapa yagn dengan sengaja berdusta atas namku maka ia akan menempat tempat duduknya di neraka jika kalian mendengar sebuah pembicarraan maka ujlah dengan kitabullah dan sunahku siapa yang sesuai dengan kitabulaj itulah amblah dan yang menentnag ktiab allah dansunaku janganlah didengar!
Keburukan dari sebuah dusta
Syariat mengharamkan dusta lantaran dan emengancam memberian ancama bagi pelakuny dnegan isksaan sebabb dusta mengandung pengaurh yang membahayakan efek itu adalah :
Mebaca pengaruah buruk bagi yang mendengar , menjatuhkan harga diri, merusakkepercayaan sipendusta tiakan dipercaya sekalipun berkata benar, persakisany atidak akanditerima
Menularkan rasa tidakpercaya kepada kawan-kawan yagn lain
Menyia-nyiakan waktu yang berharga
Dan merusak spiritualitas
Kebiasaan ada orang-orang yang enteng berkata dusta dengan alasan ketidaktahuan atau karena pengaruh lingkunan dan karena kelamaha karakter sehinga ia tumbuh bersama-sama akhlakburuk ini siapa yang
Tamak ini adalah dorongan untuk berbuat dusta
Permusuhan dan hasud
Macam-macam dusata
Sumpah dusta yaitujenis dusta paling mengerikan dan sangat membawa resiko jahat dan jenis kejahatan yang berkembang bisa menduplikaiskan dirinya ia jug seuat jenis kekurang ajara n kepada tuhan
Waspadialahsumpah dusta sbeab itu
Sumpah palsu
Ia jug atidk berbeda dengan yang diatas sangat merusak dan membahayakan ia isa menistakan hak-hakorang loan dan meniupkan kebejadan di tengah-tengah masyarakat al-quran dengan tegas melarang memberikan saksi palsu jauhilah kata-kata dusta!
Hilm kesabaran dan menahan amarah
Yaitu melatih ketelatenan jiwa dari rangsangan-rangsan kemarahan. Allah sendiri memuji para ahli hikmah yang bisa tidak bergeming atas celaan-celaan yagn menimpa dirinya dan ketika orang-orang bodoh itu mengata-ngatai mereka mereka malah membalasnya dengan salam dan orang-orang yang mengekang diri dari kemarahan dan suka memaafkan manusia dan allah itu mencintai orang-orang yang berbuat baik
Imam Bagir as berkata, Sesungguhnya Alah emnictai orang yang aktif dan penyabar
Imam Ali as perndah mendengar seseorang yang mencaci Qunbur ia berkata selamt wahai Qunbut biarkan ia mencacimu kaerna engkau membuat ridah tuhan dan membuat benci setean semi yang mencitpabiji tidak ada yang lebih diridhai tuhan ketimbang
Balasan yang pertama bagi si sabar karena kesabarannya adalah orang-orang akan menjadi penolongnya dari (sikap usil) si bodoh.
Imam Shadiq as berkata ketika dua orang saling bertengkar turunlahdua malaikat keduanya berkata kepada yagn bodoh engkau memang ahlinya dan engkau akan diganjar sesuai dengan apa yang engkau omongkan dan berkata kepada si sabar engakau telah sabar dan mengekang diir engakau akan diampuni jika engkau terus menyempurnakanya tapi jikga si baasr membalasnya maka kedua malaiakt itu naik lagi ke atas.
Komentar
pernah bersama di Qom. Saya Rakhmat dari Wonosobo. Lama nggak ada berita baru malam ini saya temukan blog antum