setan

Ihwal apakah setan berasal dari golongan malaikat atau jin terdapat ragam pendapat.
Sumber perbedaan pendapat ini terkait peristiwa penciptaan Nabi Adam As dimana para malaikat sujud kepada Adam As atas perintah Tuhan namun setan tidak melakukan hal yang sama.
Sebagian berkata bahwa setan (Iblis) berasal dari golongan malaikat. Alasan mereka adalah bahwa karena pada ayat al-Qur’an, Iblis telah terkecualikan dari golongan malaikat (seluruh malaikat sujud kecuali Iblis), oleh karena itu Iblis tentu berasal dari golongan malaikat.
Terkecualikannya Iblis dari para malaikat tidak menunjukkan sejenisnya Iblis dengan para malikat. Melainkan menandaskan bahwa Iblis (lantaran ibadahnya ribuan tahun) berada di antara para malaikat dan dalam barisan para malaikat. Namun kemudian dikarenakan kepongahan, kesombongan, pembangkangan dan kebencian di hadapan Allah Swt maka ia dilempar keluar dari surga.
Beberapa poin berikut ini adalah untuk menegaskan masalah ini:
1.    Allah Swt berfirman dalam surah al-Kahf, “Setan (Iblis) berasal dari jenis jin.”
2.    Allah Swt menafikan segala bentuk kemungkinan bermaksiat dari para malaikat. Dengan demikian para malaikat adalah makhluk yang suci dan sekali-kali tidak akan terjerembab dalam dosa, kebencian, kepongahan, lemaksiatan, congkak, dan lain sebagainya.
3.    Pada sebagian ayat al-Qur’an mengemuka pembahasan tentang ayah dan datuk-datuk setan. Dan perkara ini menegaskan bahwa regenerasi dan kelahiran setan secara umum berlaku di kalangan jin sementara para malaikat merupakan maujud-maujud ruhani dan bahkan mereka tidak makan dan minum.
4.    Allah Swt pada sebagian ayat al-Qur’an berfirman bahwa para malaikat ditempatkan sebagai para rasul. Rasul artinya utusan Allah dan barang siapa yang mengemban gelar rasul, hal ini menepis kemungkinan adanya segala jenis kekufuran, kesalahan, dan maksiat. Lalu bagaimana mungkin setan yang terjerat dalam maksiat besar ini adalah berasal dari golongan malaikat?

Di samping itu, konsesus ulama dan kabar mutawatir yang diriwayatkan dari para Imam Ahlulbait As menegaskan bahwa setan tidak berasal dari golongan malaikat. Dan sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa riwayat mutawatir merupakan salah satu media yang paling penting dalam menyingkap kebenaran hadis. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kamus filsfat

skcism barat

celoteh dan filsafat barat