draft novel
Imajinasi selalu melampui kecepatan akal dalam menemukan sesuatu seperti
perjalanan cinta yang melesat meninggalkan petilasan akal.
Pasar Rakyat Ukaza
Alam raya hakiki sudah lama bercokol di sini. Inilah wilayah
Halimun di kepulauan Transoxiana. Summeria.
bak karpet beludru tebal yang berwarna-warni
terhampar menutupi lembah-lembah dan gunng-gunung dan lahan-lahan yang subur. Di
sisi-sisinya, sungai yang sangat panjang
seperti ular raksasa berkelok-kelok, menmenbus dan membelah jantung hutan-hutan
yang subur dengan air sungai yang deras dan jernih, berwarna-warni menembus
sampai ke lautan lepas dan biru.
Seperti surga yang jatuh dari langit menyimpan semua
kebaikan, dan kekayaan sehingga tidak membutuhkan lagi surga yang hakiki.
Sungai yang biru itu sangat panjang sekali seperti tak
ada ujungnya. Setiap usaha untuk menemukan
hilir sungai akan sia-sia belaka dan
demikian juga hulunya. Sungai itu tidak berawal dan tidak berakhir. tapi fakta
ilmiah menolaknya. Air sungai itu memang
berasal dari satu sumber yang tidak kelihatan. Tidak ada yang menduga itu
adalah mata air yang menggelorakan jutaan galon dan menyemburkan aliran dahsyat
sungai.
Yang tak kalah menariknya adalah hutan rimba yang menyegarkan mata, Hutan
itu menjadi tempat jutaan habitat hewan-hewan dari seluruh dunia. Bintang
–binatang dari berbagai negeri berimigrasi ke tempat itu. Bukan hanya menajdi tempat binatang dan juga
sumber kehidupan manusia , hutan itu juga disukai oleh makhluk-makhluk astral. Di hiutan sendnri
tinggal satu kelompok maunsia yang unik.
Orang-orang desa sendiri pernah mengatakan kata-kata yang
tidak jauh berbeda dengan katakata orang modern, Mereka hanya menggunakan
bahasa yang sederhana . Kadang-kadng untuk hal-hal yang tidak baik
dilakukan atau memiliki dampak yang
negatif atau hal-hal yang memang kurang etis dan tidak layak yang akan
mengganggu perasaan orang lain, mereka menjelaskan atau menjelaskan lewat
bahasa-bahasa simbol.
Jantung dari Halimun adalah pasar rayanya. Tempat yang
paling sibuk dan paling menyenangkan. Orang
luar , atau secara lahiriyah ini adalah pasar, tapi sebenarnya bukan! Ini situs
terluas dengan aktifitas yang melibatkan seluruh daya manusia; lahir dan batin.
Jika dilihat dari atas cara mereka bertransaksi sangat
ganjil dan tidak biasa. Ada sebagian yang berjualan tapi tidak ada jualannya,
sementara tangan dan mulutnya sibuk sekali menawar-nawarkan berbagai
barang. Ada juga pembeli yang tiba-tiba
datang seolah-olah menyodorkan sesuatu tapi tidak ada selembar uangpun
ditangannya.
Sebagian lagi bertransaksi dengan cara yang biasa.
Menjual barang, mengambil barang,memberikan uang.
Sebagian besar manusia lebih banyak menghabiskan waktunya
di pasar dibanding tempat-tempat lain. Padahal pasar hanya menyediakan
kebutuhan dasariyah saja yaitu makan dan minum. Manusia harus mau makan dan
minum . tubuh biologisnya menuntut pemenuhan untuk mengganti sel-sel yang aus,
atau rusak. /karena itu manusia harus suka makan dan suka kesukaan itu adalah
instingnya yang menjadikan mau menyantap makanan dan minumman. Bisa
dibayanagkan apa yang akan terjadi jika mansia tidak memiliki insting kesukaan
seperti itu maka manusia akan cepat meninggal.
Pasar juga merupakan instrumen dalam sistem ekonomi. Jantung dari ekonomi
adalah pinjaman (kredit). Di pasarlah bertemu pembeli dan penjual. Tanpa pasar
kehidupan tidak akan berdenyut lagi tapi
namun jika ditelusuri lebih dalam tumpuan manusia bukan semata-mata urusan
perut saja. Hanya sayangnya sebagian besar manusia lebih disibukan oleh hal-hal
yang menyumbangkan sedikit saja bagi
kehidupannya. Terdapat kebutuhan penting
lain baig maunsia yang sangat menyumbangkan kehidupan. Manusia sebenanrnya
memiliki kebutuhan lain yang lenbih pemnting baik itui disadari atu tidak
disadari. Namun sepertinya kebutuhan
kepada hal uyang penting itu tertutupi oleh kebutuhan yang lenbihmendesak,
kebutuhah aspek biologisnya,. Karena
hampir selama puluhan tahun terbiasa dengan menyantap, menyantap dan menikmati
kesegaran minuman, kelezatan makanan.
Itu menjadi kebutuhan fisiologis berubah menjadi kebutuhan
psikologis. Kenbutuhan fisiologis
menajdi kebutuhah psikologisnya. Diperbudakn oleh sesuaut yang sebenarnha tidak
esensial bagi dirinya. Ia sekarang identik dnegna kebutuhan itu. Yaitu
kebutuhan ekonomi. Derajatnya menjadi
turun menjadi binatang ekonomi.
“n Pasar sederhana yang sangat ramai karena
tempat itu juga menjadi lalu lalang para kafilah dari berbagai pelosok negeri. Tempat itu sendiri memang pantas menjadi
tempat persinggahan dan transit para pedagang, para khafilah yang membawa
berbagai komoditas dagang. Tempat itu
cukup luas menampung ribuan manusia, tempatnya juga sangat sejuk berada di atas
bukit yang cukup tinggi. Disekitarnya banyak tempat-tempat penginapa dari
berbagai kelas, dri yagn sederhana hingga yang cukup mewah. Kawasan itu juga bersambung dengan hutan yang
sangat luas yang rimbun dengan bernbagai pepohonan dan buah-buahan yagn
bermacam-amcam yagn sebagiaa besarnyabisa dimakan. Hutan menjadi miliki bersama siapa saja boleh
memanfaatkan hutan tersebut asal jangan merusaknya. Di bawah kaki... hutan itu
sangat luas.....dan tak berujung, pohon-pohonha menjulang tinggi, sebagian
dipercaya menmebus langit-langit. Dan akarnya menembus , menghunjam ke bawah
tanah....memembus dan terus menjangkau
ke level magma. Tak ada yang banhyak tahu selain orang-orang tertentu
yang menghuni hutan itu bertahun-tahun,
bagi para pengnujung dari jauh hutan itu juga merupakan tempat yang menhyenangkan, dan bagi orang-orang miskin . mereka bisa tidur di hutan, dan menyantap
ap asaja , tanpa harus mengeluarkan biaya seperserpun. Mereka bisa tidur di atas pepohonan atau
digua-gua dengan penuh kehati-hatian jangan sampai masuk ke gua harimau atau
binatang-binatang buas yang tidak bisa
diduga.
Setiap hari pasar
itu ramai denga para pedagang lokal dan juga para khafilah yang juga
menjajagak dagannya . sebagain barang-barang terjual dengan cepat... seorang
laki-laki degan kupiah turki berteriak-teriak memancin gperhatian, laki-laki
berusia 45 tahun. “ dijual murah, di jual murah, karpet yang
dibuat dari kulit unta, menhejukan dan
bisa menghangatkan tempat tidur anda..
Suara derai tawa, gumam, dan omongan-omongan menjadi
santapan sehari-hari di pasar itu. Sekitar 1000 orang tumpah ruah berjualgan
mencari apa saja, termasuk juga mencuri.... Setiap mata selalu tajam menatap
barang-barang baruyang dibawah oleh saudagar-saudagar dari negeri jauh.
Selalu itu, tapi sebagian melakukan transaksi dengan cara
yang berbeda. Hanya orang-orang tertentu
yang bisa memahami dan mendeteksinya.
Kelompok tertentu melakukan transaksi dengan batin mereka. Tidak ada kata-kata, tidak ada barang, dan
tidak ada uang, keduanya hanya saling menatap dan akhirnya selesai transaksi
aneh tersebut.
Sebagian orang memiliki ketrampilan tertentu untuk
menghemat waktu dan tenaga. Apa yang dila itu dilakuan oleh rmerak yagn
telah menekan kebutuha-kebutuhan tertenut. Mereka hanya melakuak kontak untuk
urusan transkasi penting saja. Hiudp mereka sangat sederhana dan ringan. Dan
mereka juga erbebas dari kungkunan dam hasrat-hasrat jasmani, Merkea hany
amebutuhkan seperlunya saja, agar badan
menjadi kuat dan bisa melakukan aktifitas,
Kelompok in telah mengembangkan ketrampilan hidupnya
degna membuat kelompok atau komunitas. Mereka juga bekerjasama tapi tidak
setiap hari. Kelompok ini telah melatih
ketrampilan hidup dengan caara yang
sederhana. Hidup dengan cara yang tidka menyusahakn kehidupan mereka,
Kesabarn orang tua yang menjaga lingkungannya dneengan
baik, dan dengan sempurna, Ia telah
menyatukan dirinya dengan alam, dengan segaa apa yagn menjadi miliknya, Tidak
ada yagn dapat memisahak akan keicntankepada alam. Alam telah memeriksa segala
sesuatu. Air yagn segar, air yang, yang membersihkan tubuhnya yang kotor......., Air yang telah
memberikan segala kehidupan yang nyata. .........yang kedua tanah a, tanah ya
adlaah yang snat diicntainya..............
Tidak ada
Halimun termashur ke mana-mana. Nama itu jaminan kententraman, rejeki dan keindahan. Setiao
orang mendambakan dapat menjadi penduduk Halimun.
e Da karena itu tempat menjadi termashur dan menjadi buar
bibir kemana-mana, setiap disebut nama tempat itu terbayanglah secara avisual
tentang petualngan, tempat-tempat yang hijah, para pendudk yagn ramah,
makana-makan yangenak, pakaian agn indah, dan juga sing sungai yang jernih.hiburan yagn sehat, hibungan yan
membahagian dan juga tdak bayak menguras uang dan dana. Tempat yagn sangat eksotis itu .....tempat
yang sangat romantis adan sepesical tapi tidak seprti yagn teraybayangkn dalam
litgeratu dan roman-roman barat. Ini sangat bersiah ibaarar kesenagna suergawi
ayagn dicetikana dalam ayat-ayat al-Quran, in adlah eksp aini seaua yanglain
seuagu yng emang sanga gdihajatkan dan menjadi impian orang-orang salih.
Wialayah ..... dibalik pesona dan potensinya yang tak ada
batasnya. Pemandangan yagn menantang inspirasi dan kecerdasanan pengelolaa dari
tetua, putrinya dan dewan wilayah yagn selalu terus mempernbaiki pengelolaan
wilayah ini. Dibalik segala respon positif dari
para penalcont, inverstor, para
petualang dan juga masyarkat lokal sendiri yang berbodong-bondong aktif
menghidupak sgala aktig alam segala
kreatifias utnu unutk menghidupkan dan menampilkan citra Wialayah yang men
mempromosikan wilayaanya sebagai pencitan keharmonisa, keindaha,, ketentraman
dan kesejahternaan dan penghayatan. Di
nbalik deburan lautan dan kelokan sungai yang sangat indah memanjan gdan hutan
asri. Terdapat sisi lain di sebuath wilayah kecil tersembunyi dan terpinggrikan
sekitar seratus warga yang
termarginalkan yang masih belum dikelola dan e belim mendapatkan perhatian yang
seksama.
Para
pemangku kebijakan lalai karena begit banyaknya pekerjaan yang haru smereka
lakukan melalaian masyarakat ini.
Wilayaha yang terbengkalai ni memang seperti menjauhkan diri dari geliat
pembangunan ... Terkapar di bergelantungan di gua-dua yang menyusup ke dalam
ngarai yang panjangan dan dala. Tak ada yagn tahu kedalaman ngarai ini. Meoros
ke bawah ke tempat yang tidak jeals. Dari dekat tampak tumpukan yang tidak asri
dari gbung-gubuk kayu, gua-gua sempit, rumah dari bambu-bambu yang tidak jelas.
Dari kejauhan yang nampak adalah ketiadaan, tersembunyi,
tak terliha, sepi, hening. Ini adlaah kaumm yang suak bersembunyi, introvert.
Kehiduapan yang sedrehana mengandalkan makanan-makanan sisa, dan apa saja yang
adapat dimakan. Tidak perlu usaha yang keras. Segalanya tumbu h dengan mudah di
hutan itu.
Thabiatny alamia sebenar ingin hidup rukun,tapi karena
terperangkan dalam area yang sempti dan padat, nberjejalan, jiwa mereka terserang penyakit marah. Marah
yagn membuncah karena gaya hiudp uang kumuh, sesak, berhimpitan, Mereka idak bisa berjauhan karena terikat
dengan kekerabatan, tapi dalam jarak uagn dekat, segala sesauau bisa mennadi
pemicu amarah, pemcu pertengkaran, cakar-cakaranya,
Lamnbat laun,
keculasan, sifat dengki berkembang mengalir dalam darah dagin
gmerkea Jwi yagn mudah curuiga, dan
mudah bermusuha dnegan siapapun termasuk dengan saudar-saudara dan sahabat dan
tetangga. Daerahyang sempit, gelap,
kumuh, kotor seperti menjadi kawah candradimuka untukmenggodok watak-watak yang
buruk. Lahirlah generai beraikut yang mulai merangkakkkelaur wilayah naman
membawa perangai butruk , mencuri, menipu, membegal, merampok, hasud dan
seabrek sifat buruk laiinhya. Say yang saling tumpang tindih.
Seorang laki-laki tua rubu diserambi gua. Ludah menerpa
wajahnya. Tua , dengan tambut yang gimpal dan gigi ompong .
Setan! Keluarkan orang tua itu!
Ayah dan ibu memperebutkan makanan !
Kata-kat ayang tidak pantas berhamburan dimana-mana.
Keburukan moral mendidih dalam setiap pribadi warga
“Warga metro jantungya akan pecah jika
melihat jika tinggal beberap menit saja.
‘Sumur yang berlendir kotor, sanitasiyan tidak ada sanitasi. Setuap oragn
menggali lubang sendiri untuk buang hajat, tgidak ada bedanya antara rumah
dengan kandang kerbau. .... Penciuman merka sudah rusak, lebih nhyama lebih
nyaman dengan bau busurk dari udara yang segar...
Setiap minggu beberapa oragn meninggal dan yagn opalping
rentan adalah anak-aba kecil. Anak kci
anak-anka yagn seharuasnha lucu menjadi tidka lucu lagi karna kering kurus,
kekurangn nuntrisi dan kasih sayang. ‘
Penderitaan psikologi lebih mnyesakan dari pendeirt
penhakiat tampkanah kematian adalah jalan tgerbaik bagi anak-anak itu untuk
menyelamtkan diri dari kekerasan ayah dan ibunya.
Anak-anak yagn selamat dari kematian menajdi berandal
yanga lebuhbubruk algi menderia penyakit moral yagn lebuh berbahgaya, karena
tidak hanya membayakan dirinya tapi ..............tapi juga merusak dan
menghancurkan orang lain.
Anak-anak bandel
anak-anak itu memadukan antara kepolosan dan kriminalsia, Paradox antara innocence dan gaya hidup yang
beresiko tinggi. Semakian murni yang selayaknya semakin aktif, semakin
berenersi dan semakin menyempurna tapi disini kepolosan dan kesucian anak itu
telah melaihrkan fitrah kedua, thabiat sekunder yang lebih destruktif dari
orang-orang dewasa.
Sampai pada suatu hari seeorang warga metropolitan
tersesat di tengah-tengah hutan. I adalah
tipe lain dari a warga yang ingin mencoba bertualang. Menjadi seorang petualang .
Setiap oramng merasa nyaman dengan situasi dan kondisi
ekonominya. Ia warga kelas menenganyang
berbeda. Memilki kecendeugna seorang petualgn , imigran karena itu memiliki
gaya hidup yagn agakberbea , dan it di biasa diterima, hanha saja kali
ini. Ia melakukan jhal yan gitdka diduga
oleh warga wilayah metropolitan .
Lain dengan Herman,lain lagi dengan Brawa. Jika Herman
terbelit masalah dengan hasrat-hasrat terpendamnya. Brawar terbelit dengan
psikologi perasaan terhadap oramg lain dalam uruasan sosial. Brawa mudah
dipengaruhi oleh kejiwaan orang-orang yang di sekitarnya. Bapak yang sudah tua
ini, ingin mengeskplorasi kecintanya kepada seni di tempat ini. Ia seorang
seniman. Setelah menjual rumah dan tanahnya
Teriakan dan saing sahutan-sahutan menjadi pemanagan yang
sangat menarik di dpasaea rasya ini. Orang-orang baik tampat terorong untuk
danta ke tempat ini. Pasar raya ini didesain hanya orang-orang yang
Dibalik pasar raya memang ada beberaop aorang yang degnan
penuh dedikasi dankecin auntuk menciptakan
memnbanguan modal=modal sosial yang akan merekatkan jiwa satu sama lain.
“jiwa itu satu kesatuan, anda lihta apa yang engkau rasakan akan dirasakan kug
juga oleh orang lainh.” Engaku bisa membawa jiwa temannhya
dan jiwa yang lain,. Engkau hanya perlu mengetahui carayana meskipun speertinya
sulit.”.............
Aku ingn membuat eksperimen,...
Aku yakin bagi seorang ayah yang baik,,,
Anak-anak adalah harta karun yang tak ternilai
Istrinya juga adalah kekayaan yagn tak ternilai
Dan teman-teman yang baik adalahi ....permata yang tak
bisa digantikan oleh yang lai..
Aku ingin di sini jug aadalah tempat anak-anak yatim....
“ wilayah itu memang seperti melar, bisa
mengeil dan bisa melebar luas sekali, berganung kepad aperspekti fuang
meloihantya, ...
Walupun Ayland kadang-kadnag melihat sesuatu yang ajaib.
Ia seperti melihat perubahan tukang dagang,
Tuunya selalu berubah-ubah dengan waku yagn cepat dan tidak ada yang
atahu selain dirinya. Hanya sasj aAyland tidak ingin menceritakan
penglihatanya, Tapi yagn jelas ada sesuatu yagn aneh dan belakngn aini terjadi
di pasar raya .....
Kesibukan lain menyita waktunay dan teman-teamnya, Algama
yang asik mencari-cari menu-menu baru di pasar. Bau asin , dan bau
rempah-rempat menyerbak ke seluruh sudut tempat tidak lagi dipedulikan oleh
siappaun, bau rempah-remao itu beigu menyegarkan pikiran, dan menyegarkan
perasaan. Orang-oargn malah semakin banyak mendekati tempat julan rempah pusat
pejuan rempah-remaph seorang wanita dair
suku gyhpsi yang mebawa selau bersama
gerobah besarnya. Setiap orang inngin tau apa isi dari gerobak itu. Terlihat
ada hordeng dan seperti di liuarnya sendiri alat-alat dapur yagn aneh,
baju-baju yang penuh dengan asesori. TETapi tidak ada yagn berani mendakatinya dari jarak yagn dekatpun, di
samping nya ditancapkan besi-besi yang
cukup tajam yagn dapa menjadi senjata, para pria yagn bersama wanita Ghyps itu
juga tak kalang seram na mereka seperti dilahirkan tak ingin bersahabat dengan
siapapun. Tapi rempah-rem[ah yang mereka
dagangkan , tak ada yagn mengalahalha siapapun.
Ada ratuna jenis rempah-remapt yagn tidak dimiliki negeri manapun, Seoap
rempah menjadi bahan perbicnaranan ibu-ibu di ruaah tanggah, Ayland sendiri
mendengarkan khasiat dari rempah-rempat yang luar biasa, Tapi tidak semua dapat
membeli kaerna harganya yagn mahal.
Ada jug pedang-pedang dan ada puluhan para pedagang yang
menjual barang-barnag yang berbeda dan juga aneh-aneh bagi pasar raya tpi semua
senang karena mereka menjual komoditas yagn tidak dimiliki oleh peneudk sana, Setiap pedagang yang harus yang ingin bergabung dalam dalam pasar
tresbut harus daftar kepad adewan asar raya yang dipimpin oleh sang tetua yang
caukup diseggani , tetua itu dikenal dengan nama Zong Re.
Ia adalah legenda yang melampui setiap zaman. Ia seperti
hidup di berbagai zaman dari masa lalau, masa kini hingga masa yagn akan
datang, Zong Re seperti hadir dalam setiap zaman dnegan nama-nama yang
berbeda. Ia adalah legenda yang murung dan selalu bersedih hati
memikirkan sesuatu dan yang apat menghiburnya adalajh kebahagiana orang
lain, salah satu keberhsailan di era ini
adalah pasar raya yang memberikan kesejaheraan dan mmnciptak modal-mdal sosial
yang merekatkan semua gologna dan semua golonan
semu sekte. Semua bangsa dan semua jenis mankhluk. Karena ada juga makhkuk lain yang di zaman itu yang tidak
diketahui hanya sebagia manusia yagn mengetahuainhya. Ban Hanyya Teteu ini uang dapat berkomunikasi
denan yang pernah berhuung adnagen amerkea, meskipun ia tidka mengenal semua,
tai ia memmilii pengalaman dan wawasan tentang makluk-maljlu lain selain
manusia. Hanay sjaa Teteu ini agak
mengkhawatirkan ada makhluk-makhluk ganas yagn memiliki potensi untuk
memusnakan specnie manusi.Tetu a.
Teteu ini tidka pernah muncul ke publaik ia hanhya
menyerhkan iu uasnkepad awakilnya yaigtu
putrinya senidri Alexandri. Seorang
pembea gadis pemberani yang tidka tdua dan ahli dalam segaal juru dan juga
dibelaki oleh pegnawal-pegnala hyagn tak
telriht yng akan melindungnuia,
Ayland,
sekaang memilii 4 sahabat lai0n yang jug masing-masing suker bertulanga. Ada Xetr, Zetan, Agma, dan Amalgama, Mereka
berasal dari kampung yang berbeda tapi karena sering bertmeu di pasar dan
bermain-main di pasar akhirnya satu sama lain saling mengenal dan menjadi
akrab. Kelima kawan itu juga dipersateukan ileh sifatnya yang pemerinia , suka
berutlan gan suka menyelidiki dan suka
melakuak kontemplasi.
Wilayah Hutan yang menyambung dengan pasar Raya Ukaz
memang masih misteri. Ta ada yang tahu apa yang ada di dalamnya dan juga apa
dan siapa saja penghuni di dlaamnya.
Tak semuaorang tahu , kejadian apa saja yang terjadi dan siapakaj
pengausai di hutan tersbuet,. Tetapi
semua pendukn di sekitar sana sepakat bahwa hutan itu begitu penting bagi
kehidupan mereka. Hutan itu begitu
hayati dan memnberikan kesuburan air, kesejukan udara, kebesihan udara dan juga
sebagian darimerkea juga mengambil buah-buahan, daun-dau9n dan makan dari area
hutan yang oaing dekat dengan mereka.. Tapi mereka tidak pernah tahu sampai
sejauh mana hutan itu dan ada rasa
khawatir dan ketakutan menyergap siapa
saja yang mencoba berjalan lebih jauh
dari....... . Seperti ada thalasem
orang-orang menyebutnya demikian, Thalasem itu yang menahan jiwa mereka,
melumpuhkan rasa percaya diri, menghentikan motivasi untuk melangkah, dan
membuyarkan setiap keberania, para penduduk ada 7 desa yang mengelili
Sebagian wilayah hutan itu menyambung dnegan pasara rkya
Akaz melalui jalur sungai yang m jalus ru sunga itu sendiri.. mengalir dari
temapt yang juga tidak diketahui oleh seitap orang, dari mana dan keman asungat
itu mengalir menyisakan misteri .
Sungati, hutan, dan pasar menjadi bagian dari kosmos alam yang tidak
saja menawarkan romantisme dan tantangan bagi para sasterawan dunia, Setahun
sekali, para penyair , para pelukis,
para ahli prosa sengaja berkumpul di tempat itu. Untuk menyerap harapan, berkomunikasi dengan spirit alam yang
menjelma di hadapan mereka. Sungai yang jernih, hutan yang meniupkan aroma
tersenidir, dan gnung ayang selalu berselimut abut, merupak apuncak kenikmat
lain yang menambahi kelebihhan Pasar
Ukaz.
Para pedagang dari jauh biasnaya mereka tinggal selama sebualn
dan dua bulan dan kemudian berkemas memnaw akeuntung hang cukup uukt hidup
sethauan merkea di kampung, Pasar itu
lah yang membuat mereka bisa bertahan hidup dari segala kesulitna. Seabgian ada yang memilih tinggal di sana ,
memneli tanah dan membanguan rumah yang sederhana, tapi sebagan besa laig
pulang ke tmpat masing-masing untuk bertemu kelaurga dan kemnali lagi tahun
depan.
Tetua selain menyediakn pasar dan pemukiman orang-oang
miskin dan anak-anak yatim, Ia juga
membuka tempat meditasi dan pusat
pencerahan maknawiyah, yang juga menawarkan oase untuk memberikan semangat
menjalani kehiudpan yang keras .
Selain tetua, orang-oagn bijak, ahli sasrta penyair
danjug aahli prosa diundan untuk menhyampaikan sesuatu yang memberukna
kultifasi bagi nalar. Seeprti yang saat
itu terdengar, Ynag hadir cukup banyak.
Seorang Sastrawan Edowis menhyampiakan re:nungan-renunga
puiusna tentang :
Aku melihat duni seperti ulisan-tulisan puisi yagn maha
indah yang ditulis oleh seonrang hali sasrta yagn tak tertandingi. Ia memiliki tulisan yang bervariasa,
tulisanya adalah alam ini, alam raya ini alam raya ini tiada bisu, dn tiadka
diam ia menyapa k ita dnegan mengaoa hay, wahai, Ada apa kalian ini, Aku inign berbicara kepada kalian? Pembicaraan alam semseta ini tidka dengan
kata-kata tapi dengan isyaratk, lewat halilintar, lewat hujan, lewat sungai
yagn mengalir, lewa hembusan air, aku
ingin bersama-sama kalian menhelesaikan segala keluh kesan kalian.. Segala rasa negaatif, perasaan tidkamantap,
tidak percahya diri, ketakjutn, was wasa dan keihlngan pegangan, dan raasa
tidak berterimakasih pada kadaan pada alam pada tuhan yagn telah memberikan
segalanya kepda kita, Dari mana rasa-rasa yang menghinggap ini, dan bagiaman
mengatasinya ..............................
Pertmeuamm makwani yagn menyegarkan perasaana, semua
mengagumi kata-kat aEDowis. Pertmeja itu
menerbitkan ras optimis dan semangat .
Yang
hadir tersentak, Mata mereka tidak
pernah terpejam sedoikitpun khawatir akan kehilnagna penjelasan ahki sastra
ini. Biasanya mereka akan cepat mengantuk kaarna kerja kerasa sepanjang siang
hari, tapi dalamptemrau itu ,
Malam beranjak terus.
Bintang gemintang seperti tersenyum menyaksikan maunsia-manusia yang
nalarnya mulai bercahaya. Mereka semua tertidur di tempat peraduan
masiing-masing dengan penuh rasa ketentraman.
Para
pedagang , para perantau, para sastrawan dan seniman............ bintang
kerlap-kerlip . Malam terasa sejuk,, yang memang biasanya malam selalu sejuk
memberikan kenyaman bagi penduduk bumi, Namun sejuk sekarang agak berbeda,
sejuk semakin berkurang-kurang, sdan semakin panas, sedikit demi seidkit, Yang
tadinya memakai selimut membuant selimut dan menggait pakaaina Msebagai membuka jendela, hawa yang berubah, tidak menjadi perhatian
para pendudk yag sibuk dengan urusan lain,
Kecuali Tetua yang cukup waspada akan tanda –tanda yagn belum jelas,
tanda-tanda buruk, ...
Ayland, tidak bisa memenjamkan matanya, malah itu ia
sangat sulit tidur. Di kamarna yang berantakan, rak buku, pulpen, dan beberapa
peralatan kebun, Ia tiba-tiab mendengar pembicraan ayah dan ibunya. Pembicaraan ayang serius.
“Aku tadi melihat sendiri, Kaxers...Orang
yang mati dalam kondisi yang mengerikan, terkoyak=koyak dan terobek-terobek,
Kejadilan yang belum pernah terjadi selam aini?
“Aku megnkhawatirkan sekali, Para pekerja
juga mulai berpikir,,, apakah ada makhlk
yang jaht yang inign memakan,,, tubuh manusia.”
Ibunya juga seperti kedengan kebingungan. Selama hidupnya
tidak pernah ia mendengar hal-hal seperti itu.
Wilayah in iadlaah destinasi yagn menyenangkan, tempat pariwisata dan
jug atempat pencerhan spiritual.”
Kita haruas mempertahankan kemakmuran dan keamanan
wilayah aini, In adlaah pesan tetua kita!
Ayahnya melanjutkan “Apakaj ini mungkin ada kaitanhya dengan empat pembunagn
abangkai-bangkai ayam, domba, dan daging-daging busuk yang selalu dibuang ke
parfeg ?” Sebagian orang mengaitkan katanya, Daging-danig busuk itu sebenarnya ada yang
memanfaatkan. Dan ada yang pernah beberapa kali melihatnya. Nah suatau saat,
daing busung itu bercampur dengan darah manusia yang tertusuk pisau secara
tidak sengaja, sejak saat itu , pemakan bangkai itu mulai menyukai manusia.
Sejah dahulu aku protes dan agar tempat pembuantann
daging busuk itu diebrsihan dan dipindah .
Tetpai itu tidka mungkin suamiku, Sebab pendudkn disin
suka sekali akan dagin, Seia saa selalu ada daing yagn tersisa. Dan sisinya itu sisa dari dagin ygn diamakan pendudkn disin
isama dengan jumlah makana beras yang dimakan pendudukn di kogta lain. Luar
biasa memang kegemarna penduduk init erhadap daging men guanab mengubahnya
menjadi untuk menguba menuk pead
asyauat sayuran sangat sult sekali,
Ayland semaki tiak bisa tidur ia pensan adenan tempat
pembuangna daging-daging busuk tersebut.
Tapi Ia tidak bisa menemukan teman-teman yanag mau pergi
ke temapat itu, Semua merasa takut dan merasa itu adalah cerita yang mungkin
saja benar. Ada makjhluk yagn suka menghabiskan daging-daing busuk dan kemudian
beraalih menjadi menyukai daing manusia.
Akhirnya Ayland
mencari sahabat lain yang lebih besar dan lebih berani darinya. Ia sambil berjualan ukiran ayahnya dan rajutan
ibunnya. Mencari-cari pemuda atau yagn lebih dewasa darinya. Dan
itu jelas pekejan yag snagat sulit.
Pikirannya tak bisa lepas dari kejadian itu, termasuk juga ayah dan
ibunya dan beberapa orang yang sudah melihat kejadian tersebut. Hanya saja sudah menjadi tradisi bagi
pendudukan di sana untuk tidak menyiarkan hal-hal yang belum bisa dipastikan
kebenarannya. Setiap orang harus dapat menahan diri tidak menyebarluaskan dan
tidak membicaraka berita-berita yang belum bisa diverifikasi oleh dewan-dewan kenbinjakan umum. Sebua dewan
yagn ingn menjaga stabilista yang dikendalikan oleh putri Tettua.
Perisitwa
kejadian yagn mengerikn itu tertimbun oleh pesta-pesta pasar raya yang akan
datang yang lebi hmeriah , kagi karna
datang ajakan klerjaasam dari masyarakat
Bentent besar yang ingin
menawarkan kerjasama yaitu memerplua pasar menjadi lebih beraneka.
Mereka akan memberkkan keuntung 30 persn
bagi wilayah ini, Menginat apentiny jalur ini yagn menjadi tempat . Tawaran ini
sangt menggiurkan sebab prasana akan dibanugn olehmerek
Tokoh yang berwibawa dan terkenal dalam dunia kang ouw
menulis surat untuk tetua. Surat itu ditulis dengan tinta emas dan ditutup
dengan selubung bambu yang dihiasi oleh ukiran Naga yang sedang
menggeliat. Sang tetua terkesan dan juga
yang lain terbawa emosi. Putrinya yang merenungi surat itu. Isinya bisa dilihat
dari dua sisi, keberuntungan dan juga infasi ekonomi. Surat itu tawaran dari kerajaan tirai
bambu. Ada permintaan yang serius yang
dibungkus dengan kata-kata yang indah, mengikat makna dan dalam. Dalam
tulisannya terkandung pandangna hidup kosmopolitan dan pentingnya kerjasama
yang lestari. Signifikasinya individu
dan sosial. Tulisan itu begiu mendalam dan luas. Menyiratkan berbagai
dimensi. Yan membacanya akan hanyut
dengan uraianya yang melintas waktu dan ruang.
Si putri juga terkesan dan dengan kecerdasana ia mengizinkan hanya untuk
periode tertentu. Sang Putri merasakan perasaan yang berbeda, dan tidak biasa.
Ia merasa ada sejumlah emosi, dari yang datar, tertarik, tertantang, terbayang
impian sebuah wilayah yang makmur, bahagia dan aman. Namun dari sisi lain, ia
merasakan perasaan lain yang belum terdeteksi.
Perasaan bahagia dan tersanjung karena yang memberikan tawaran seorang
sastrawan agung, yagnsngat ternama . Ia sejak kecil sangat mengaguminya. Ia
ingin melahap semua karya-karyanya. Jantunha selalu berguncang keras setiap
kali membuka lembaran demi lembaran dari karya-karya Sang Master yang melintasi
waktu dan ruang. Dan ingin membaca semu
karya-karya sang master yagn lain yang masih berbentuk manuskrip. Namun sekarnag wajah Master seperti
berbeda, I amenjelma menjadi wajah kafitalis,
pebisnis yang sedang merencanakan sesuatu.
Ayahnya menyerahkan keapdanya dan Ia harus mencari porang yang bisa
diajak diskusi. Ia ingnin mendengar dari perspektif yang lain, perspektif orang
awam, perspektif yang polos.
Pagi-pagi dengan menyamar, ia memakai baju laki-laki.
Wajah dipermak sedemikian rupa. Menjadi laki-laki yang berwajah garang, sendu .
Sang Putri berjalan sementara beberapa pengawal mengikutinya tanpa
diketahui olehnya, Ayahnya yang menyuruh
beberapa pengawal untuk menjami keselamatan sang putri.
Ini
bukan perjalan yang pertama kali, duku ia sering bertandang bersama ayahnya,
tapi sekarnag ia menyamar sendirian. Ia memasuki kerumuman orang, Ada
pedagang yang mengeluh seluruh kudanya
dimakan oleh binatang buas. Dan Ia hnay
bisa menjerit-jerit, tidak ada yagn bisa dilakukan , dan itu adlaah
satu-satunya kendaraan ke perkampungnya.
Ia bersumpah serapah kepada kepala keamanan. Si putrii terkejut ini
adalah perisiwa serius, di wilayah yagn oaling aman , sekrang gerjadi kejadian
yag mengerikan.
Kerumunan
itau menarik perhatian, tapi kemudin menjadi biasa sebab terjadi peristiwa lain
yang lebih heboh. Dan tidak ada yang
mengalahkan pesona pasar malam. Segala hal atraksi hiburan diadakan untuk
memanjakan pengunjung. Semaki larut malam
semakin ramai para pendatang juga semakin banyak. Jenis-jenis makanan dijajakn,
pakaian, kuliner dan juga perlombaan-perlomana yagn aneh-aneh. Malam lebih
semarak dari siang hari. Malam lebih terang dari siang hari dan lebih aktif.
Batas-batas waktu tidak lagi menjadi jelas.
Apa yang tidak menarik di siang hari menjadi acara yang atraktif, dan
menghebohkan. Panitia karnaval malam menyediakan minuman sejenis kopi yang
daoat membuat melek semalaman. Penganan
cairan yang mirip kopi itu dibagi-bagikan dnegan gratis.
“Silahkan mencicipi minuman yang akan
membuatmu hidup dua kali lipat!”
Seorang bapak-bapak yang berperawakan buncit mengedarkan
minuman yagn harum dengan rempah-rempahan. “ Harum rempahan itu seperti elexir yang menghilangkan perasan kantuk
atau tidak mood. Minuman yagn akan menghantam mood anda”
Silahkan cicipi jangan ragu-ragu. !”
Silahkan anda ekploitasi segal potensi anda untuk
menyebrang dari dirianda sendiri!
Mimnuman yagn akan melampau idiri anda!
Ada puluhan atraksi yagn menarik. Permainan sirkus,
teater bonek, sulap, panggung humor, permaian cahaya, pemerian api, lompat
tali, memanjat di atas rentangan api yang menyala-nyala, api unggung, badut-badut yang lucu, permainan
boneka-bonekaan, segala jenis akrobat ,
dan puluhan permainan lan untuk segala usia.
(
Puluhan orang merasa cape tapi juga gembira, seminggu
sekali mereka harus membuang keringat, membuang rasa kesal dan menyemburkan
energi-energi negatif dan pikiran-pikiran yang penuh kekhawatiran, penuh
ketakutan, pesimisme ......waktu eskapisme melupakan yang tidak bisa dilupakan
sebenarnya. Melupakan sama saja dengan
mengingat yang tidak perlu. Untuk melupakan dibutuhkan kekuatan pengabaian yang
kuat. Rakyat memiliki tradisi yangn
dipertahankan selama beraabad-abad dengan berbagai modifikasi dan pengembangan
yang disesusaikan dengan situasi dan zaman.
Di zaman awal, orang-orang hanya cukup menatap rembulan dan melihat
anak-anak lari petak umpet. Di zaman selanjutnya orang-oragn mulai ,,,,,,
Sebenarnya apa yang disukai juga menjadi idak jelas,
orang-orang menyukai karena yang lain menyukaianya. Ini adalah akal kolektif.
Ibarat orang Ibarat di jalan raya adalah
contaoh yang abaik. Menerobos lampu merah menjadi seperti dibenarkan jika
dilakukan bersama-sama. Ini juga terjadi dalam pesta-pesta malam yang terus
dirawat. Arus ketertarikan itu dipompa oleh segelintir orang yang kreatif
mendesain acara-acara yang biasa sebetulnya tapi kemudian menjadi luar biasa
karena berhasil menyhir yagn lain untuk bergabung dengannya. Pada awalnya sebagian besar hanya memberkan
senyum yang dikulum melihat permainan-permainan yagn hingga larut malam dan
menyita waktu tidurnya. Tapi karena satu demi satu atas tuntutan loyalitas,
maka yang lain juga mengabaikan keengganannya dan bergabung dalam pesta yang
meletihkan yang sebenarnya tidak disukainya!
Six Month Latter
Komentar